12 NOV 2021 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 91 DILIHAT

Pilih Penyegar Ruangan Yang Aman

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka menyemprot ruangan dengan produk penyegar udara. Meskipun sepertinya dapat mengharumkan ruangan, sebenarnya penyegar udara yang Anda semprotkan tidak menetralisir bau, dan bahkan dapat merusak kualitas udara rumah Anda!

Kandungan berbahaya penyegar udara

Penyegar udara biasanyamengandung empat bahan dasar yaitu formaldehida, sulingan minyak bumi, propelan aerosol, dan p-dichlorobenzene. Rangkaian kandungan ini bisa menyebabkan kesehatan yang buruk.

  • Formaldehyde dapat menyebabkan sejumlah efek kesehatan seperti mata berair, gangguan pada hidung/tenggorokan, mual, hingga serangan asma.
  • Distilasi minyak bumi berasal dari manufaktur petrokimia, yang berkontribusi terhadap polusi udara, tanah, dan air tanah. Efek pada kesehatan manusia meliputi: asma dapat menyebabkan asma hingga kerusakan paru-paru.
  • Propelan aerosol dapat merusak lapisan ozon bumi. Bagi tubuh manusia bisa menimbulkan masalah pada pernapasan hingga meningkatkan risiko kanker.
  • Paradichlorobenzene (p-DCB) sering ditemukan di kapur barus dan dapat menyebabkan kerusakan hati hingga masalah pada kulit.

Tentu saja, penyegar udara juga mengandung pewangi, seringkali dalam bentuk bahan kimia wangi.

Kualitas udara dalam ruangan

Sungguh ironis, satu produk dirancang untuk menghasilkan bau harum yang kuat dengan cara mengorbankan satu hal yang penting, kualitas udara. Apalagi jika rumah Anda tertutup, maka zat-zat beracun ini akan terperangkap di dalam rumah. Penyegar udara juga dapat membahayakan hewan peliharaan, yang memiliki metabolisme lebih cepat. Mereka juga sangat berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi paru-paru seperti asma, alergi, atau COPD.

Cara aman segarkan udara di rumah

  • Buka jendela
    Buka jendela dan pintu lebar-lebar di pagi hari agar udara segar masuk. Pastikan juga rumah memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Peredam bau
    Gunakan penyerap bau netral seperti sekotak baking soda di area yang bau, atau taburkan sedikit cuka dan baking soda di kotak sampah. Cuka dapat menghilangkan bau dan merupakan penyegar udara rumah yang alami.
  • Gunakan minyak esensial
    Oleskan sedikit pada bola lampu atau penghangat untuk mengharumkan ruangan dengan lembut. Atau diffuse aroma kesukaan untuk menyegarkan udara.
  • Green Meadows
    Berbeda dengan penyegar udara yang beredar di pasaran, Green Meadows cenderung lebih ramah lingkungan. Green Meadows mengandung Neutralodor, pewangi unik yang secara efektif menetralkan dan menghilangkan bau, dan menyegarkan udara hanya dalam satu semprotan. Cocok untuk kantor, ruang rapat, toilet, dapur, kamar tidur dan mobil.