31 MAR 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 134 DILIHAT

Cegah Masalah Gigi Saat Puasa

Meskipun puasa sendiri tidak secara langsung menyebabkan masalah gigi, perubahan tertentu seperti puasa dapat menciptakan lingkungan yang bisa merusak gigi, lho.

Masalah gigi yang biasa muncul saat puasa

Ketika berpuasa, aliran air liur berkurang secara signifikan sehingga mulut terasa kering.  Padahal air liur penting untuk  membersihkan partikel dan sisa makanan, mengurangi penumpukan bakteri dan plak pada gigi dan gusi, serta menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tanpa air liur yang cukup, maka berisiko lebih tinggi terkena bau mulut dan gigi berlubang.

Bagaimana mencegah masalah ini?

1.Perbanyak konsumsi makanan berserat saat buka dan sahur
Mengonsumsi makanan berserat tinggi membuat air liur tetap mengalir, yang membantu menciptakan pertahanan mineral terhadap kerusakan gigi. Sumber serat yang baik adalah buah-buahan kering seperti kurma, kismis, serta buah-buahan segar seperti pisang, apel, dan jeruk.

2. Jangan lupa menyikat gigi

Tidak dilarang menggunakan pasta gigi saat berpuasa selama tidak tertelan. Gunakan

GlisterTM Multi-Action Toothpaste dan GlisterTM Multi-Action Toothbrush with Bamboo-Salt, sikat gigi dengan kepala sikat yang ramping sehingga menjangkau ke area paling sulit di belakang mulut.

  • GlisterTM Multi-Action Toothbrush with Bamboo-Salt memiliki bulu sikat halus, lembut untuk gusi dan gigi, dan mengandung Bamboo-Salt yang memberikan perlindungan anti-bakteri.
  • Gagang sikat GlisterTM Multi-Action Toothbrush with Bamboo-Salt fleksibel dan ergonomis sehingga nyaman dipegang dan struktur bulu sikat panjang meruncing, efektif membantu mengangkat plak di sela-sela gigi.

3. Sikat juga lidah
Bersihkan permukaan lidah untuk membantu menghilangkan bakteri, sel-sel mati, dan sisa makanan yang sering menyebabkan bau mulut. Untuk tetap terhidrasi dan meningkatkan kesehatan mulut, prioritaskan air dan makanan yang menghidrasi seperti sup, semangka, dan salad hijau. Batasi minuman diuretik seperti kopi, teh, dan soda, karena dapat menyebabkan dehidrasi.