05 JUL 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 694 DILIHAT

Benarkah Makanan Olahan Tidak Sehat?

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang makanan olahan. Tapi tahukah kamu, makanan olahan seperti apa yang perlu mengancam kesehatan?

Apa itu makanan olahan?

Makanan olahan adalah makanan yang melalui proses pengolahan dengan metode apa pun, yang mengubah bentuk makanan dari saat dipanen hingga saat dimakan. Alasannya bisa beragam, bisa karena untuk memudahkan memakannya, mengawetkan atau membuat rasanya lebih enak.

Makanan olahan dan ultra olahan

Apakah semua makanan olahan tidak sehat? Belum tentu, tergantung proses pengolahannya.

  • Aman dikonsumsi, jika mengalami proses pengolahan yang minimal atau ringan, seperti dicuci, dikupas dan/atau dipotong untuk kenyamanan, seperti sayuran dan buah-buahan kalengan, sayuran dan buah-buahan beku, serta ikan dan makanan laut kaleng.
  • Tidak aman, jika mengalami proses pengolahan berat (ultra) yaitu mengandung pewarna dan perasa buatan, zat tambahan, dan pengemulsi untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan stabilitasnya. Contohnya soda, keripik kemasan, permen, dan aneka makanan instan.

Banyak penelitian yang membuktikan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan berat bisa membahayakan kesehatan, salah satunya studi* yang menemukan bahwa makanan yang diproses secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko kanker.

Bagaimana dengan suplemen?

Suplemen juga melalui proses pengolahan, namun justru untuk mendapatkan nutrisinya. Apalagi suplemen Nutrilite berasal dari nutrisi tertinggi tanaman organik terpilih yang dalam proses #Asalnyajelas. Seperti Nutrilite Daily, yang mengandung fitonutrisi yang berasal dari buah dan sayuran.

  • Nutrilite Daily mengombinasikan bahan-bahan organik terbaik dari pertanian bersertifikat NutriCertâ„¢ yang memberikanmu berbagai nutrisi dari 11 vitamin, 7 mineral esensial, dan konsentrat tumbuhan.
  • Nutrilite Daily juga dilengkapi dengan bahan-bahan organik seperti alfalfa, selada air, peterseli, bayam, wortel, dan acerola cherry, bahkan tanpa pewarna, pengawet, atau perisa tambahan.

Jadi Nutrilite Daily pasti merupakan pilihan yang sehat untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harianmu.

*https://www.bmj.com/content/360/bmj.k322