15 FEB 2021 KESEHATAN 2 MENIT DIBACA

Beda Komposisi Tubuh Pria & Wanita


Tak perlu ngoyo lagi berlomba membentuk massa otot melawan pria. Soal yang satu ini, pria lebih diuntungkan dengan komposisi tubuhnya yang memungkinkannya lebih unggul dalam urusan membentuk massa otot. Cek faktanya yuk..

1.  Wanita memiliki lebih banyak lemak ketimbang pria

    Menurut MedicineNet.com, kandungan lemak tubuh normal tercatat 25% untuk wanita, tetapi hanya 15% untuk pria. Penyebabnya adalah hormon estrogen pada wanita memiliki kemampuan meningkatkan kapasitas tubuh untuk menyimpan lemak, meskipun juga membantu proses mengubah lemak secara alami menjadi bahan bakar.

    2.  Distribusi lemak tubuh yang berbeda

      Wanita memiliki lemak lebih banyak di daerah paha dan trisep dibandingkan di daerah perut. Berbeda dengan pria, yang memiliki kecenderungan genetik lebih tinggi untuk menyimpan lemak di perutnya ketimbang area tubuh lainnya.

      3.  Respon tubuh berbeda

        Walaupun memiliki organ-organ tubuh yang sama, namun pria dan wanita juga

        mempunyai beberapa keunikan lain di tubuh mereka sehingga respon tubuh wanita dan pria pun tak sama saat menjalani latihan.

        4.  Pria lebih mudah & cepat membentuk massa otot

          Tingginya kadar hormon estrogen wanita menghasilkan peningkatan kepadatan dan kekuatan tulang relatif terhadap massa otot, sementara kadar hormon testosteron pria yang tinggi mendorong peningkatan besar dalam baik massa otot dan tulang. Intinya, keuntungan pria karena memiliki lebih banyak testosteron memberi mereka kemampuan untuk mendapatkan massa otot lebih besar dengan cepat.

          Tips membentuk massa otot

          Jangan menyerah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membantu mempercepat membentuk massa otot:

          1. Mulai hari Anda dengan sarapan yang sehat dan bagus untuk otot seperti omelet, smottie, dan keju cottage.
          2. Jangan lupa tambahkan 2 scoop NutriliteTM Hi Protein pada makanan Anda untuk tambahan protein harian. Jika ingin menambah massa otot Anda harus makan lebih banyak protein.
          3. Makan buah dan sayuran setiap kali makan, karena rendah kalori. Jadi Anda bisa makan perut kenyang tanpa menambah lemak atau berat badan. Konsumsi juga Nutrilite GreenTrimTM yang mengandung EGCG (Epigallocatechin Gallate) yang membantu pembakaran lemak tubuh.
          4. Makan lemak sehat karena dapat meningkatkan kehilangan lemak dan kesehatan saat dicerna dengan lambat
          5. Minum air yang cukup. Latihan kekuatan menyebabkan kehilangan cairan melalui keringat yang dapat mengganggu pemulihan otot sehingga tidak membantu Anda meningkatkan massa otot. .

          Sumber:

          https://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/men-vs-women-the-differences-in-body-composition.html

          https://www.everyoneactive.com...