09 OCT 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 326 DILIHAT

7 Gejala Menopause Yang Mengganggu

Tahukah kamu, menopause memang biasanya terjadi antara usia 45-55 tahun, namun gejalanya bisa dialami sebelum itu, lho. Yuk, ketahui apa saja gejalanya yang bisa mengganggu aktivitasmu.

  1. Hot flashes atau sensasi panas
    Hot flashes adalah salah satu gejala menopause yang paling umum. Gejala ini ditandai dengan tiba-tiba merasa panas, berkeringat, dan memerah, terutama di bagian wajah, leher, dan dada.

  2. Keringat malam
    Keringat malam adalah hot flashes yang terjadi pada malam hari. Biasanya disebabkan oleh penurunan kadar estrogen yang dapat mempengaruhi hipotalamus, yang mengatur suhu tubuh.

  3. Menstruasi tidak teratur
    Selama masa transisi menopause, biasanya mengalami menstruasi yang tidak teratur atau terlewat, dan akhirnya akan berhenti mengalami menstruasi sama sekali.

  4. Perubahan suasana hati
    Perubahan suasana hati adalah perubahan suasana hati yang tidak dapat diprediksi, tiba-tiba merasa sedih, menangis, atau marah, tanpa sebab yang jelas.

  5. Nyeri pada payudara
    Nyeri payudara adalah gejala umum menopause lainnya, meski frekuensinya cenderung menurun pada tahap selanjutnya.

  6. Kesemutan
    Kesemutan biasanya terjadi di tangan, kaki, lengan, dan tungkai. Gejala ini disebabkan oleh fluktuasi hormon yang memengaruhi sistem saraf pusat dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit.

  7. Gatal-gatal
    Karena estrogen berhubungan dengan produksi kolagen dan hidrasi kulit, penurunan hormon ini dapat menyebabkan peningkatan rasa gatal atau kekeringan, baik di sekitar vulva maupun di bagian tubuh lainnya.


Siapkan ini agar menopause happy

Agar masa menopause tidak terlalu mengganggu aktivitas, lakukan perubahan gaya hidup seperti:

  • Menghindari alkohol, makanan pedas, dan kafein, karena dapat memperburuk gejala hot flashes.
  • Berolahraga secara teratur, yang dapat membantu menjaga berat badan, menghilangkan stres, dan meningkatkan suasana hati.
  • Makan makanan bergizi seimbang dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar, juga biji-bijian.
  • Konsumsi NutriliteTM Primrose Plus untuk meringankan gejala menopause.

NutriliteTM Primrose Plus terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat membantumu melalui masa menjelang menopause dengan menyenangkan. NutriliteTM Primrose Plus mengandung Gamma Linoleat (GLA) yang berasal dari minyak bunga evening primrose, borage, chastebeery, jahe, dong quai ekstrak, lemon serta karotene yang dapat membantu meredakan keluhan menjelang menopause.