02 AUG 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 275 DILIHAT

7 Fakta Menarik Sistem Pencernaan

Tahukah kamu, memahami sistem pencernaan akan membantumu mempertahankan kesehatan secara optimal. Ketahui beberapa fakta sistem pencernaan kita berikut ini.

 

  1. Terdapat 8 organ utama dalam pencernaan
    Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan diproses melalui 8 organ yang membentuk saluran pencernaan, yaitu mulut, faring (tenggorokan), kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.

  2. Memiliki sistem saraf sendiri
    Sistem pencernaan mempunyai sistem saraf tersendiri yang disebut sistem saraf enterik (ENS). Menurut Nature Review Gastroenterology & Hepatology, sistem saraf enterik adalah komponen terbesar dari sistem saraf otonom dan secara unik mampu mengatur fungsi gastrointestinal.

  3. Usus kecil lebih panjang dari usus besar
    Meskipun usus kecil  lebih sempit daripada usus besar, tapi ternyata usus kecil adalah bagian terpanjang dari saluran pencernaan. Usus kecil berukuran panjang sekitar 20 kaki, sedangkan usus besar hanya berukuran sekitar lima kaki.  

  4. Emosi dapat memengaruhi sistem pencernaan
    Mikrobioma usus ternyata dapat memengaruhi kesejahteraan emosional dan sebaliknya, iritasi pada sistem pencernaan dapat mengirimkan sinyal ke sistem saraf pusat yang dapat memicu perubahan suasana hati.  

  5. Kecemasan dapat menyebabkan masalah perut
    Pernah merasakan perut mendadak tidak enak karena gugup, cemas, atau stres? Rasa cemas atau stres memang memengaruhi perut, dan saluran pencernaan lainnya. Penelitian2 telah menunjukkan bahwa stres dan kecemasan dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar (IBS) dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

  6. Protein, serat, dan probiotik membantu kesehatan pencernaan

Serat memengaruhi laju pencernaan makanan, penyerapan nutrisi, dan pergerakan produk limbah (tinja) melalui usus besar, sedangkan probiotik membantu melawan bakteri jahat, dan membantu penyerapan nutrisi. Protein berperan penting bagi komposisi microbioma usus yang memengaruhi peranan microbioma dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Konsumsi sumber protein yang baik, jika perlu biasakan minum 2x NutriliteTM Hi Protein All Plant setiap hari untuk menjaga kesehatan keseluruhan, termasuk kesehatan usus.
  • NutriliteTM Hi-Protein All Plant mengandung 9 asam amino esensial dan tidak mengubah rasa sehingga mudah ditambahkan pada makanan dan minumanmu.
  • Setiap 2 scoop  NutriliteTM Hi-Protein All plant mengandung 80 kalori dan 17 gr protein yang terbuat dari kombinasi  kacang kedelai, kacang polong dan biji gandum dari ladang Nutrilite™.

Sumber:

1: https://www.nature.com/nrgastro

2: https://bgapc.com/facts-about-your-digestive-system/

3: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4202343/