07 NOV 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 420 DILIHAT

7 Cara Cegah Jerawat Setelah Olahraga

Kulit yang berkeringat saat berolahraga menciptakan kondisi yang sempurna bagi bakteri dan jamur penyebab jerawat untuk berkembang-biak. Ikuti tips ini untuk mencegahnya.

  1. Hapus makeup sebelum berolahraga
    Selama berolahraga, terjadi peningkatan aliran darah ke kulit yang menyebabkan pori-pori terbuka. Riasan dapat menyebabkan keringat dan bakteri terperangkap di pori-pori yang membesar. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbulnya jerawat.

  2. Pastikan rambut tidak mengenai kulit wajah
    Minyak alami dari rambut dan produk perawatan rambut dapat berpindah ke kulit wajah, lalu menyumbat pori-pori dan mendorong pertumbuhan jamur, sehingga berkontribusi terhadap timbulnya jerawat.

  3. Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah
    Bersihkan segala peralatan yang akan menyentuh wajah, termasuk headphone/earbuds, jika kamu suka mendengarkan musik atau podcast yang bagus selama berolahraga.

  4. Bersihkan peralatan olahraga bersama
    Bersihkan semua peralatan olahraga bersama sebelum digunakan untuk membantu menghilangkan beberapa bakteri, kotoran, dan minyak yang mengganggu yang mungkin menempel pada kulit.

  5. Hindari menyentuh wajah dengan tangan
    Bakteri, minyak, atau kotoran apa pun yang kamu sentuh dapat berpindah ke kulit sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan infeksi.

  6. Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap kelembapan
    Pakaian yang berkeringat dan ketat memerangkap kelembapan di kulit, menciptakan kondisi sempurna untuk munculnya jerawat.

  7. Mandi setelah berolahraga
    Mandilah setelah 15-25 menit selesai berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan bakteri yang mungkin menumpuk. Bersihkan wajah menggunakan cleanser yang lembut dan efektif membersihkan wajah seperti Snapskin Multi Action Cleanser. Formula Snapskin Multi Action Cleanser mengandung micro beads yang mampu menghilangkan kotoran, termasuk polutan PM 2.5, sampai ke dalam pori.