18 JUN 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 473 DILIHAT

6 Minyak Nabati Agar Rambut Sehat

Cara alami memang paling aman. Sejumlah minyak alami ini bermanfaat untuk menyehatkan rambut, lho.

  1. Minyak biji labu
    Minyak biji labu kaya asam lemak tak jenuh, terutama oleat dan linoleat serta vitamin E, yang semuanya berpotensi membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mengurangi peradangan pada kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  2. Minyak rosemary
    Minyak rosemary mengandung asam carnosic, yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat alami dan ketebalan rambut. Minyak rosemary juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang dapat membantu melawan ketombe, penyebab umum peradangan pada kulit kepala.

  3. Minyak alpukat
    Tinjauan tahun 2015 menemukan bahwa mineral dalam minyak alpukat, termasuk asam lemak tak jenuh tunggal, efektif menyegel sel kutikula rambut dan mencegah kerusakan, memperkuat rambut, dan membantu mendukung kesehatan rambut secara keseluruhan. Itu sebabnya alpukat dijadikan salah satu bahan dalam Satinique Anti-Dandruff Shampoo, sampo khusus untuk membantu mengatasi masalah ketombe. Satinique Anti-Dandruff Shampoo mengandung zinc pyrithione untuk mengatasi ketombe dan ENERJUVETM Complex, diperkaya dengan vitamin E+Avocado yang memberikan kelembapan dan membuat kulit kepala lembut dan bersih.

  4. Minyak jojoba
    Minyak jojoba terdiri dari 50% ester lilin, sangat mirip dengan sebum alami manusia sehingga mudah diserap kulit kepala. Selain melembutkan dan menghaluskan kulit kepala, jojoba memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi serta antibakteri, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Polymers edisi Juni 2021.

  5. Minyak argan
    Minyak argan mengandung asam linoleat dan oleat, yang melembapkan kulit kepala dan melawan peradangan. Minyak argan juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat panas, seperti akibat penggunaan pengering rambut, alat pengeriting rambut, atau pelurus rambut, menurut studi laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology Oktober 2022.

  6. Minyak kelapa
    Minyak kelapa mengandung asam laurat, yang bersifat antimikroba dan anti-inflamasi. Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan, minyak kelapa dapat membantu menutrisi kulit kepala dan rambut untuk meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Sumber: 

1https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...

2https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...

3https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...