02 JUN 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 278 DILIHAT

6 Kebiasaan yang Merusak Gigi

Kamu merasa sudah merawat gigi namun gigi tetap bermasalah? Mungkin kamu perlu menghilangkan kebiasaan yang berdampak pada gigi berikut ini.

  1. Menggigit kuku
    Menurut The American Dental Association (ADA), menggigit kuku dapat menyebabkan disfungsi rahang karena menahan rahang dalam posisi menonjol dalam waktu lama. Menggigit kuku juga bisa merusak gigi. Untuk mengekang kebiasaan ini, cobalah mengecat kuku atau jaga supaya kuku tetap pendek.

  2. Menyikat gigi dan gusi terlalu keras
    Menggunakan sikat gigi berbulu keras atau menekan terlalu keras saat menyikat dapat merusak gusi dan gigi. Untuk menghindarinya, gunakan sikat gigi berbulu halus seperti Glister Multi-Action Toothbrush with Bamboo Salt dan gosok gigi dengan lembut dengan sapuan lebar. Glister Multi-Action Toothbrush with Bamboo Salt merupakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus & lembut, aman untuk gigi dan gusi serta efektif mengangkat plak.

  3. Mengunyah es
    Kebiasaan mengunyah es berisiko mengalami patah gigi atau tambalan. Gunakan sedotan untuk minum minuman dingin untuk membantu menghilangkan kebiasaan ini.

  4. Menggemeretakkan gigi
    Menggemeretakkan gigi (bruxism) adalah suatu kondisi saat seseorang kerap menggertakkan gigi secara tidak sadar, baik saat terjaga (awake bruxism) maupun saat sedang tidur (sleep bruxism). Kebiasaan ini bisa mengakibatkan kerusakan gigi, nyeri otot, dan gerakan rahang yang terbatas.

  5. Merokok
    Baik itu rokok, cerutu, atau tembakau kunyah, produk tembakau berbahaya bagi gigi dan gusi. Menggunakan tembakau meningkatkan risiko penyakit gusi, bau mulut, mulut kering, kerusakan gigi dan kanker mulut.

  6. Menggunakan tusuk gigi
    Pikir ulang lagi jika ingin menggunakan tusuk gigi untuk mencungkil sisa makanan yang menyelip karena dapat menyebabkan gusi yang rusak dan terinfeksi. Sebagai gantinya, gunakan benang gigi Glister Multi-Action Dental Floss untuk menghilangkan makanan yang tersangkut di antara gigi. Glister Multi-Action Dental Floss adalah benang gigi dengan desain flat yang membantu membersihkan hingga ke sela-sela gigi sehingga gigi jauh lebih bersih dibandingkan dengan hanya menyikat gigi saja.