14 JUN 2024 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 221 DILIHAT

5 Tips Agar Nyamuk Ogah Datang

Meningkatnya penderita DBD tdak boleh diabaikan.
Lakukan ini, yuk, untuk menjaga keluarga kita agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

1. Kurangi habitat nyamuk

Nyamuk yang menyebarkan demam berdarah berkembang biak di genangan air yang berisi benda-benda seperti ban, penutup plastik, pot bunga, dan mangkuk air hewan peliharaan. Pastikan tidak ada air yang menggenang di rumah untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

2. Ciptakan lingkungan yang bersih

Nyamuk senang berada di tempat yang gelap dan lembap. Nah, ciptakan lingkungan yang bersih, segar, dan terang, agar nyamuk tidak kerasan. Bersihkan saja semua sudut rumah dengan L.O.CTM Multi-Purpose Cleaner.

  • Pembersih serbaguna L.O.CTM Multi-Purpose Cleaner menggunakan formulasi teknologi ramah lingkungan yang dapat digunakan pada semua benda dan permukaan yang bisa terkena air, bahkan aman digunakan untuk mencuci tangan.
  • L.O.CTM Multi-Purpose Cleaner telah diakui Program Pilihan Aman Lembaga Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat, sehingga dijamin aman dan ramah lingkungan.

3. Pasang kasa anti nyamuk

Pasang kasa anti nyamuk pada jendela, pintu, dan ventilasi untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Nyamuk paling aktif berkeliaran antara periode waktu fajar hingga senja. Tutup semua jendela dan penutup jendela selama waktu ini.

4. Gunakan obat pengusir nyamuk alami

Penggunaan obat nyamuk dapat membantu mengusir nyamuk yang menggigit. Namun, gunakan obat nyamuk berbahan alami dan aman seperti minyak essensial oil atau tanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah seperti lavender dan sereh.

5. Kenakan pakaian pelindung

Agar terhindar dari gigitan nyamuk, kenakan pakaian tidur berlengan panjang dan celana panjang. Penghalang fisik ini tidak hanya mengurangi gigitan nyamuk namun juga menambah perlindungan terhadap penyakit bawaan vektor lainnya. Pilihlah pakaian berwarna terang, karena nyamuk tertarik pada warna yang lebih gelap.