01 JUL 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 151 DILIHAT

5 Pengganti Santan yang Lebih Sehat

Masakan bersantan memang lezat, sayangnya santan memiliki lemak jenuh yang tinggi dan protein yang rendah. Ganti santan dengan ini, yuk, lebih sehat dan rasa masakan tak kalah lezatnya!

1. Susu almond

Susu almond tanpa pemanis tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, jadi lebih sehat. Karena kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan santan, rasanya jadi tidak kental. Tambahkan1 sendok makan (15 ml) jus lemon ke dalam 1 cangkir (240 ml) susu almond untuk mengentalkannya*.

2. Susu oat

Susu oat mengandung asam lemak, protein, mineral, vitamin, serat makanan, dan berbagai mikronutrisi serta memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker (Jeske et al., 2018) . Tidak seperti kebanyakan susu nabati, susu oat tidak menggumpal dan dapat digunakan dalam resep yang memerlukan panas tinggi, seperti membuat busa untuk kopi latte-mu.

3. Krim kental

Krim kental dibuat dengan menghilangkan lemak dari susu segar dan biasanya ditemukan pada makanan berlemak tinggi seperti sup krim, saus, dan es krim. Krim kental memiliki kandungan lemak lebih tinggi daripada santan dan berfungsi sebagai alternatif berbahan dasar susu yang kental.

 

4. Greek Yoghurt

Greek Yoghurt atau yogurt Yunani memiliki kekentalan yang mirip dengan santan dan dapat diencerkan dengan sedikit air. Untuk menggantikan 1 cangkir (240 ml) santan, campurkan 1 cangkir (240 ml) yogurt Yunani dengan 1 sendok makan (15 ml) air. Jika ingin lebih encer, tambahkan lebih banyak air secara perlahan hingga mencapai kekentalan yang diinginkan*.

5. Susu kedelai

Susu kedelai rendah lemak jenuh dan mengandung lebih banyak lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal; juga isoflavon, saponin, dan lesitin yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung. Jika ingin menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan, tambahkan 2 scoop NutriliteTM Hi-Protein All Plant yang tidak akan mengubah rasa makanan namun memperkaya kandungan nutrisinya.

  • NutriliteTM Hi-Protein All Plant terbuat dari kombinasi kacang kedelai, kacang polong dan biji gandum dari ladang Nutrilite™, yang mengandung  9 asam amino esensial  yang tidak dapat  diproduksi oleh tubuh.
  • NutriliteTM Hi-Protein All Plant rendah kalori, tinggi protein. 
  • Setiap 2 scoop NutriliteTM Hi-Protein All Plant mengandung sekitar 80 kalori, 17 gr protein dan dapat memenuhi 22%-28% kebutuhan protein harian.

Jadikan NutriliteTM Hi-Protein All Plant sebagai Daily Nutrition-mu, bagian dari gaya hidup sehatmu!

Sumber:

*https://www.healthline.com/nutrition/coconut-milk-substitute#The-bottom-line