19 MAR 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 169 DILIHAT

5 Manfaat Olahraga Saat Puasa

Jangan lewatkan olahraga meskipun sedang berpuasa. Mengapa?

Berikut ini alasannya plus tips buat kamu!

  1. Meningkatkan oksidasi lemak
    Intensitas dan durasi latihan merupakan penentu penting oksidasi lemak. Berolahraga saat puasa dapat meningkatkan penurunan lemak tubuh dan berat badan.

  2. Meningkatkan kekuatan mental
    Orang yang berolahraga dalam keadaan puasa biasanya membutuhkan lebih banyak motivasi untuk memulai dibandingkan mereka yang tidak puasa, yang bisa minum bahkan makan sebelum dan setelah latihan.

  3. Persiapan olahraga yang lebih praktis
    Jika berpuasa dan ingin olahraga, kamu bisa langsung olahraga  tanpa perlu makan atau menyiapkan minuman terlebih dahulu sebelum atau sesudah sesi olahraga. Jadi lebih praktis!

  4. Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan
    Berolahraga saat puasa juga bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, yang dapat membantu tubuh membangun otot dan membakar lemak, lho.

  5. Mendukung proses autophagy (pembersihan tubuh)
    Olahraga bisa mendukung autophagy, yaitu proses pembersihan alami tubuh  yang memecah sel-sel tua atau rusak dan memungkinkan tubuh menggunakannya kembali.

Penting jika ingin olahraga saat puasa

Kamu boleh melakukan olahraga seluang waktumu. Namun kalau bisa lakukan menjelang berbuka puasa, agar cairan tubuh cepat tergantikan saat buka puasa. Berbukalah dengan minuman yang segar dan cepat menghidrasi seperti NutriliteTM Phytopowder Cherry.

NutriliteTM Phytopowder Cherry adalah minuman serbuk yang gampang banget disajikan, yaitu tinggal tambahkan air, aduk, lalu minum. NutriliteTM Phytopowder Cherry cepat menghidrasi dan sangat bergizi karena diperkaya dengan vitamin C, 7 Vitamin B, Zink dan serat pangan di setiap penyajiannya. NutriliteTM Phytopowder Cherry jelas sehat karena bersumber dari ceri acerola yang ditanam di ladang pertanian organik milik NutriliteTM serta diolah di pabrik NutriliteTM.

 

Sumber:

1https://journals.physiology.org/doi/pdf/10.1152/jappl.2001.90.1.155

2https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2021.803421/full