07 MAR 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 396 DILIHAT

5 Makanan Sehatkan Pencernaan

Ingin pencernaan sehat? Jangan lupakan 5 pilihan makanan ini yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaanmu.

  1. Biji-bijian Utuh
    Jika ingin usus bekerja lebih baik, konsumsi biji-bijian daripada karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta. Biji-bijian utuh menyediakan banyak serat, serta nutrisi tambahan, seperti asam lemak omega-3.

  2. Daun Hijau
    Sayuran hijau, seperti bayam atau kangkung, merupakan sumber serat yang sangat baik, serta nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. Sayuran hijau juga mengandung jenis gula tertentu yang membantu mendorong pertumbuhan usus yang sehat.

  3. Protein tanpa lemak
    Makanan tinggi lemak dapat memicu kontraksi usus besar, dan kandungan lemak tinggi dari daging merah dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Pilih potongan daging tanpa lemak dan batasi ukuran porsi, isi lebih banyak piring dengan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang kaya serat.

  4. Buah rendah fruktosa
    Beberapa buah seperti apel, pir, dan mangga, mengandung fruktosa tinggi. Pilih buah beri dan jeruk, seperti jeruk dan grapefruit, mengandung lebih sedikit fruktosa sehingga lebih mudah ditoleransi dan cenderung tidak menimbulkan gas. Pisang adalah buah rendah fruktosa lainnya yang kaya serat dan mengandung inulin, zat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

  5. Alpukat
    Alpukat adalah makanan super yang dikemas dengan serat dan nutrisi penting, seperti potasium, yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan yang sehat. Selain itu juga rendah fruktosa, jadi kecil kemungkinannya untuk menyebabkan gas.


Penting: cukupi kebutuhan air minum

Selain mengonsumsi makanan yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan, penuhi juga kebutuhan air minum harian. Air minum yang cukup akan membantu memecah makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dan menghindarkan masalah sembelit. Pilih air minum bebas gula dan kontaminan. Gunakan eSpring™ Water Treatment System, penyaring air yang meningkatkan rasa, dan kualitas air minum sehari-hari. Gunakan eSpring™ Water Treatment System secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium.