24 JAN 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA

4 Rutinitas Sarapan Sehatkan Otak

Beberapa rutinitas sarapan pagi yang benar mungkin dapat membantu memperlambat penuaan otak, lho. Cek, yuk, apa saja.

  1. Minum air putih setelah bangun pagi
    Tubuh secara alami kehilangan cairan dan elektrolit sepanjang malam, terutama jika tidur dengan mulut terbuka dan makan makanan asin, minum alkohol, atau minum obat. Menurut Frontiers in Molecular Biosciences1, dehidrasi dapat mempercepat proses penuaan otak pada penderita demensia. Namun, pastikan air minummu bebas kontaminan sehingga terjamin manfaatnya untuk tubuh dan otak.
    Gunakan eSpringTM, penjernih air yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air, tanpa menghilangkan kandungan mineralnya.

  2. Olahraga ringan
    Lakukan sedikit gerakan seperti yoga ringan, bersepeda, atau jalan pagi yang menyenangkan. Menurut CDC, gerakan yang konsisten dapat membantu mengatasi kecemasan, ingatan, pemecahan masalah, dan memiliki keseimbangan emosional yang lebih baik.

  3. Nikmati sarapan bernutrisi seimbang
    Sajikan sarapan dengan menu yang seimbang untuk memberi nutrisi pada otak, seperti protein dan telur yang merupakan sumber kolin untuk menyehatkan otak. Nikmati sarapan bersama anggota keluarga atau teman. Bersosialisasi dapat meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

  4. Manjakan diri dengan kopi
    Ada beberapa studi penelitian yang mendukung hubungan antara konsumsi kafein dan kinerja kognitif, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Beberapa penelitian2 bahkan menemukan bahwa konsumsi kopi (bukan kopi instan) secara teratur (dan tidak berlebihan) dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

1https://www.frontiersin.org/ar...

2https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...