05 JUL 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 98 DILIHAT

4 Cara Cegah Uban Cepat Datang

Rambut beruban memang salah satu bagian dari proses menua yang alami. Namun, kadangkala belum waktunya sudah mulai beruban. Ubah gaya hidup dan pola makanmu, yuk!

1. Redakan stres

Uban yang muncul dini bisa disebabkan stres, lho! Sebuah studi tahun 2020 di International Journal of Trichology* menemukan bahwa stres oksidatif (ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu kerusakan sel dan jaringan serta mempercepat penuaan) terkait dengan uban prematur.

2. Ubah pola makan

Mengonsumsi makanan yang dapat membantu meredakan peradangan dapat membantu melindungi sel-sel yang bertanggung jawab atas pigmen rambut. Hindari pola makan yang memicu peradangan seperti gula, makanan olahan, dan lemak jenuh. Ubah dengan pola makan makanan nabati yang rendah gula tambahan dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran kaya anti-oksidan.

3. Penuhi asupan harian vitamin dan mineral

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu juga dapat menyebabkan rambut beruban. Pastikan mengonsumsi asupan harian vitamin D3 dan vitamin B12 yang cukup, karena kekurangan keduanya dapat mempercepat munculnya uban. Juga mikronutrisi penting lainnya untuk kesehatan rambut termasuk vitamin E, vitamin A, seng, zat besi, tembaga, selenium, dan magnesium.

4. Rawat dengan sampo yang aman dan cukup menutrisi rambut

Lakukan kebiasaan sehat merawat rambut seperti menghindari penggunaan panas dan perawatan kimia secara berulang-ulang yang dapat merusak rambut dan sel pigmen. Keramas 2-3 hari sekali dengan menggunakan SatiniqueTM 2 In 1 Shampoo yang lembut dan berbahan alami.

  • SatiniqueTM 2 In 1 Shampoo mampu membersihkan dan melembapkan rambut karena diformulasikan dengan Vitamin E dan Borage Seed Oil yang membantu memperbaiki, melembapkan dan melindungi rambut hanya dengan satu langkah mudah.
  • SatiniqueTM 2 In 1 Shampoo diperkaya dengan ENERJUVE™ yang mengandung lipid, creatine dan 18-MEA yang menutrisi hingga ke serat rambut dan menjadikan rambut lebih kuat.

Meskipun tidak menjamin uban bakal tidak datang, beberapa perubahan kebiasaan gaya hidup yang sehat tak hanya dapat memengaruhi kesehatan rambut namun juga  tubuh dan pikiranmu!

Sumber:

 *https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32549695/