22 MAR 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 133 DILIHAT

6 Kebiasaan Sebabkan Ketombe

Ketombe emang kondisi yang umum tapi tetap saja mengganggu dan bisa malu-maluin.
Stop kebiasaan ini, yuk, biar ketombemu cepat teratasi!

  1. Jarang atau terlalu sering keramas
    Jika jarang mencuci rambut, sebum akan menumpuk di kulit kepala, dan bersama dengan keringat akan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk ketombe. Sebaliknya, keramas setiap hari karena bisa menghilangkan semua minyak esensial dari kulit kepala. Sebaiknya keramas setiap 2 atau 3 hari sekali saja untuk menghindari masalah ini.   

  2. Tidak bersih saat membilas rambut
    Asal membilas rambut saat keramas bisa menyebabkan residu masih tertinggal di kulit kepala yang bisa menjadi lingkungan sempurna untuk berkembang biaknya serpihan ketombe. Jadi pastikan kamu membilas rambut sampai bersih!

  3. Tidak menyisir rambut dengan benar
    Menyisir rambut bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan sel-sel kulit mati, serta meminimalisir penyebab ketombe. Lakukan secara rutin, dua kali sehari, namun jangan berlebihan. Terlalu sering menyisir rambut dapat menyebabkan rambut rontok.  

  4. Tidak menggunakan sampo yang tepat
    Sampo biasa yang ada di pasaran dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan mengelupas, karena kandungan deterjennya. Rawat rambutmu menggunakan Satinique Anti-Dandruff Shampoo, sampo dengan formula yang mengandung zinc pyrithione untuk mengatasi ketombe.  Satinique Anti-Dandruff Shampoo dengan EnerjuveTM Complex yang diperkaya dengan vitamin E+Avocado yang memberikan kelembapan dan membuat kulit kepala lembut dan bersih. Rutin keramas 2-3 hari sekali dengan Satinique Anti-Dandruff Shampoo akan membantu mengatasi masalah ketombemu.

  5. Terlalu sering menata rambut
    Jika wax, mousses, gel, atau hair spray tidak dihilangkan dengan benar dari rambut , maka akan menumpuk, membuat rambut  berminyak dan kotor. Seiring waktu, kulit kepala  bisa teriritasi, kering, dan gatal.  

  6. Terlalu banyak makanan manis
    Gula juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut dengan menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kondisi ini akan meningkatkan kadar gula darah, sehingga kelenjar mulai memproduksi lebih banyak minyak.