18 JAN 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 367 DILIHAT

4 Alasan Fiber Penting Untuk Diet

Fiber atau serat dapat membantu menurunkan berat badan dalam beberapa cara. Pastikan kamu cukup mengonsumsi penekan nafsu alami ini jika ingin menurunkan berat badan.

  1. Membantu menghilangkan lemak perut
    Mengonsumsi lebih banyak serat larut membantu menghilangkan lemak perut dan mencegah penambahan lemak perut. Sebuah penelitian1 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat larut memiliki risiko lebih rendah mengalami lemak perut.

  2. Mengurangi lemak perut
    Bakteri usus dapat mencerna serat larut. Proses ini menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang dikaitkan dengan rendahnya risiko lemak perut.

  3. Mendorong keanekaragaman bakteri usus yang baik untuk diet
    Penelitian terbaru2 menunjukkan bahwa orang dengan variasi bakteri usus yang lebih banyak memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik dan risiko lebih rendah mengalami lemak perut.

  4. Membantu mengurangi nafsu makan
    Serat adalah penekan nafsu makan alami yang kuat yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengekang nafsu makan, sehingga mengurangi asupan kalori.


Sumber serat larut

Serat ditemukan dalam berbagai makanan di antaranya biji rami, ubi jalar, buah-buahan seperti aprikot dan jeruk, kubis Brussel, kacang polong, dan biji-bijian seperti oatmeal, juga suplemen seperti NutriliteTM Hi-Fiber Powder. Tak hanya satu jenis saja, NutriliteTM Hi-Fiber merupakan perpaduan unik dari 3 sumber alami serat larut (ekstrak chicory, guar gum, dan maltodextrin). NutriliteTM Hi-Fiber sangat praktis dikonsumsi karena dikemas dalam bentuk sachet yang mengandung 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan kadar kolesterol.


Sumber:

1https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...

2https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...