22 MAY 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 117 DILIHAT

3 Akibat Anak Kurang Makan Sayur

Sayuran yang kaya serat sangat dibutuhkan anak. Jika anak tak menyukainya, cobalah mengenalkannya secara bertahap karena jika keterusan dampaknya bahaya, lho! 

1. Risiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya

Sayuran mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko obesitas. Jika anak-anak kurang makan sayur, kemungkinan besar mereka akan mengonsumsi makanan olahan yang tinggi kalori dan rendah serat, sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas. Kondisi ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti diabetes dan penyakit jantung.  

2. Masalah mental dan emosional

Sayuran juga merupakan sumber nutrisi penting untuk kesehatan mental dan emosional, terutama asam folat yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan risiko depresi. Jika anak-anak kurang makan sayur, mereka mungkin lebih rentan mengalami masalah mental dan emosional.

3. Masalah kesehatan gigi dan mulut

Sayuran yang dikonsumsi segar atau dikonsumsi dalam bentuk jus juga dapat membantu membersihkan gigi dan mulut serta mencegah masalah seperti plak dan gigi berlubang.

Agar anak suka sayur

  • Tetap kenalkan sayur sedikit demi sedikit pada anak, dan dorong untuk mencicipinya. Beri pujian pada anak meskipun hanya mencicipi sedikit saja.
  • Libatkan anak dalam memilih, memasak, dan menyajikan sayuran agar anak terbiasa dan tertarik mencobanya.
  • Jadikan sayur sebagai snack misalnya saja membuat stik sayuran dengan saus keju.
  • Agar anak tidak kekurangan manfaat sayur, berikan juga NutriliteTM Chewable Concentrate Fruit & Vegetables suplemen yang mengandung vitamin c dan konsentrat buah dan sayur.

NutriliteTM Chewable Concentrate Fruit & Vegetables terdiri dari quercetin, konsentrat lutein, ekstrak pomegranate, konsentrat lycopene, ekstrak jeruk, vitamin c, konsentrat beberapa buah dan sayur, blueberry, dan konsentrat lemon yang dapat membantu memelihara daya tahan tubuh si kecil.

Terus kenalkan sayuran pada anak dan konsumsi NutriliteTM Chewable Concentrate Fruit & Vegetables untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan serat setiap hari.