09 FEB 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 465 DILIHAT

Tips Snack Sehat Untuk Anak

Memang mudah membuat anak kenyang, namun jangan hanya ngemil keripik saja.
Pastikan juga camilannya bernutrisi dan sehat!

3 pilihan sehat snack anak

  1. Buah dan sayuran
    Buah dan sayuran menyediakan energi dan nutrisi sehat yang penting untuk pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan pencernaan yang baik. Kamu bisa memotong buah dan sayuran segar lalu mencampurnya di dalam smoothie -nya.

  2. Biji-bijian
    Anak-anak membutuhkannya karena biji-bijian utuh dan produk sereal adalah sumber karbohidrat, vitamin, dan mineral sehat yang luar biasa, bahkan protein (khususnya biji-bijian utuh). Berikan roti, pasta, atau mie yang terbuat dari gandum utuh. Variasikan beras putih dengan beras merah atau cokelat.

  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan dalam tubuh, dan juga memberikan energi yang sehat. Sajikan produk kedelai dan turunannya seperti edame, tahu, empe, miso, susu kedelai, juga yoghurt. Campurkan kacang polong segar dalam supnya, atau sebagai camilan biasa.


Tips menyiapkan snack bersama anak

  • Ajak anak berbelanja di supermarket yang memiliki banyak pilihan buah dan sayuran. Biarkan anak menentukan sendiri snack yang ingin dibuatnya.
  • Sebelum menyiapkan, cuci tangan terlebih dulu.
  • Bebaskan anak berkreasi, misalnya, biarkan anak memilih toping buah kesukaannya saat membuat pizza buah.
  • Anak suka sekali dilibatkan kegiatan orang dewasa, seperti memotong buah. Siapkan pisau yang tidak tajam dan aman, dan dampingi saat melakukannya. Jika masih balita, bisa juga dengan membelikan mainan buah potong yang terbuat dari kayu untuk latihan.
  • Sambil menyiapkan, kenalkan ia dengan berbagai rasa, misalnya saat membuat smoothie buah dan sayur, biarkan anak merasakan sendiri rasa buah dan sayur yang beragam untuk memperkaya inderanya.
  • Setelah selesai jangan lupa ajak anak untuk membersihkan dapur. Gunakan L.O.C.™ Multi-Purpose Cleaner untuk membersihkan semua permukaan di dapur. Jika perlu disinfektan menggunakan Pursue™ Disinfectant Cleaner, disinfektan serba guna yang mampu membantu membersihkan dan membunuh kuman sekaligus menghilangkan bau, jamur dan lumut.