21 APR 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 544 DILIHAT

Kiat Mudah Makan Serat

Serat adalah sejenis karbohidrat yang ditemukan dalam makanan nabati. Tak hanya untuk menjaga sistem pencernaan saja, serat juga membantu mengontrol tekanan darah dan membantu program diet.

Sayangnya kebutuhan harian serat (sekitar 30 gram/hari) tak selalu terpenuhi. Banyak faktor yang menyebabkan orang kurang mengonsumsi serat, seperti lupa atau malas makan serat karena kesibukan yang padat.

Kiat mudah makan serat

Beberapa ide berikut ini akan membantumu memudahkan makan serat.

  1. Konsumsi sumber karbohidrat dari makanan utuh
    Semua sumber karbohidrat makanan utuh secara alami mengandung serat, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ganti biji-bijian olahan dalam makananmu dengan versi biji-bijian utuh seperti oatmeal atau beras merah. Biji-bijian utuh diproses minimal, sehingga kekayaan vitamin dan seratnya masih utuh.

  2. Makan dulu sayuran
    Makan sayuran sebelum makan adalah strategi yang baik untuk makan serat lebih banyak. Pilih jenis sayuran non-starchy, sayuran yang mengandung sedikit tepung, yang rendah kalori dan berserat tinggi seperti brokoli, asparagus, wortel, kacang hijau, dan labu siam. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi sup sayuran atau salad.

  3. Camilan kaya serat
    Suka ngemil? Coba ganti camilan dengan popcorn tanpa mentega atau tanpa lemak sebagai pengganti keripik kentang. Atau potongan buah seperti apel, semangka, pir. Atau berry, akan menjadi camilan enak dan mudah dibawa-bawa. Ini ide makan serat yang enak!

  4. Makan buah dan sayuran utuh, bukan jus
    Memang, jus memiliki mikronutrisi dalam jumlah tinggi. Namun jus yang tidak dipasteurisasi dan cold-pressed telah kehilangan serat, hanya menyisakan konsentrasi karbohidrat, khususnya dalam bentuk gula. Makan buah dan sayuran dalam bentuk utuh, bukan jus, memastikan mendapatkan lebih banyak serat dan lebih sedikit gula.

  5. Konsumsi suplemen serat
    Yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi, termasuk serat, dari makanan. Tetapi jika asupan serat rendah, pertimbangkan suplemen makanan yang mengandung serat seperti Nutrilite Hi-Fiber yang:
    • Mengandung 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut.
    • Terbuat dari esktrak chicory yang mengandung inulin bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.
    • Tidak mengandung rasa. Dapat dicampurkan dengan makanan atau minuman apapun