23 MAR 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 862 DILIHAT

5 Kiat Badan Tak Lemas Saat Puasa

Berubahnya jam makan selama puasa seringkali bikin badan jadi lemas, mengantuk, dan kurang semangat. 5 cara ini bisa membantu puasamu terbebas dari masalah itu.

  1. Nutrisi seimbang
    Pastikan kebutuhan nutrisi makro dan mikro tetap seimbang selama bulan puasa. Pilih protein, serat dan lemak sehat yang cukup saat buka dan sahur, agar merasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi.

  2. Minum cukup
    Asupan cairan saat berpuasa dianjurkan tidak kurang dari 2 liter dalam sehari atau setara dengan 8 gelas air putih. Akali dengan membaginya sebagai berikut: 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah salat Maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah salat Isya, 1 gelas setelah salat tarawih, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas setelah bangun sahur, dan 1 gelas saat sahur.

  3. Olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang
    Pilih olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang untuk menghindari dehidrasi. Sebaiknya olahraga dilakukan mendekati waktu berbuka atau sesudah berbuka untuk menghindari dehidrasi.

  4. Tidur siang
    Saat puasa tidur siang tak hanya dianggap ibadah. Bukan itu saja, tidur siang yang singkat (30 menit) dapat memberikan dukungan energi yang dibutuhkan selama berpuasa.

  5. Perkaya menu buka dan sahur dengan serat
    Makanan yang kaya akan serat bermanfaat bagi kesehatan terlebih saat menjalani ibadah puasa karena bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar. Konsumsi makanan kaya serat dan minum NutriliteTM Hi-Fiber jika perlu.
    NutriliteTM Hi-Fiber merupakan perpaduan unik dari 3 sumber alami serat larut (ekstrak chicory, guar gum, dan maltodextrin) yang dikemas dalam bentuk sachet yang mengandung 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan kadar kolesterol.