01 APR 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 349 DILIHAT

4 Masalah Umum Saat Puasa

Berubahnya pola makan bisa menyebabkan berbagai masalah. Beberapa di antaranya mungkin kamu juga mengalaminya.

  1. Mual
    Rasa mual bisa diatasi dengan menghindari makan berlebihan (porsi lebih banyak), makan/minum terlalu panas/dingin. Coba hindari makan berat saat berbuka, dan minum air 30 menit sebelum makan atau satu jam setelah makan.

  2. Mulas
    Meskipun puasa menurunkan jumlah asam yang diproduksi perut, mencium atau memikirkan makanan saja sudah mengirimkan sinyal ke otak untuk membuat lebih banyak asam. Untuk menghentikan mulas, hindari makanan yang digoreng, sangat pedas, saus tomat, dan soda. Coba tidur miring ke kiri untuk membantu mencegah mulas saat tidur siang.

  3. Sembelit
    Penyebab utama sembelit adalah kurangnya serat dalam makanan. Pastikan menu buka dan sahurmu memiliki lebih banyak makanan kaya serat, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan utuh.

  4. Dehidrasi dan sakit kepala
    Untuk melindungi otak, tubuh mulai menahan air yang tersedia. Untuk menghindari dehidrasi, yang berujung pada sakit kepala, pastikan minum setidaknya 8 gelas air dalam semalam, kurangi makanan manis, garam, dan kafein yang berlebihan, makan sahur dengan seimbang, dan hindari paparan sinar matahari langsung di siang hari.

    Jangan lupa pastikan air minummu bebas kontaminan dengan menggunakan eSpring™ Water Purifier, alat penjernih air tersertifikasi yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air, dan didukung oleh teknologi sinar Ultraviolet untuk memperbaiki rasa, menjernihkan air dan menghilangkan bau. Alat penjernih air ini mendapatkan penghargaan dari Frost & Sullivan Award (Water Filtration Company of The Year) selama tujuh tahun berturut sejak tahun 2010 ini, lho!