31 AUG 2022 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 72 DILIHAT

Pentingnya Pelanggan yang Loyal

Mempertahankan pelanggan yang loyal ternyata bisa menjadi penentu kesuksesan bisnismu. Cari tahu, yuk, alasannya.

Apa itu pelanggan loyal?

Pelanggan loyal atau setia adalah pelanggan yang melakukan bisnis berulang denganmu. Biasanya karena merasa puas dan jaminan ketersediaan, harga, dan faktor lainnya seperti pelayananmu yang beda. Ketika seorang pelanggan setia pada suatu produk, layanan, atau merek, mereka bersedia menunggu untuk restock atau bahkan menghabiskan sedikit uang ekstra untuk itu. Berinvestasilah pada pelanggan yang loyal, karena ketika bisnismu sedang berjuang mereka tetap setia membantumu bertahan.

Alasan utama mengapa pelanggan loyal penting :

  1. Mereka belanja lebih banyak daripada pelanggan baru
    Mereka sudah mempercayai bisnismu dan produk atau layanannya sehingga tak segan menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan baru. Biasanya mereka belanja lebih banyak daripada pelanggan baru karena merasa aman dan nyaman.

  2. Menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi
    Pelanggan lama memiliki rata-rata tingkat konversi sekitar 60% hingga 70%, sedangkan pelanggan baru memiliki tingkat konversi 5% hingga 20%. Dengan kata lain, kamu mendapatkan nilai lebih dari pelanggan yang loyal.

  3. Meningkatkan keuntungan
    Semakin banyak loyalitas pelanggan yang kamu miliki, maka semakin banyak keuntunganmu.

  4. Mempertahankan pelanggan lebih murah daripada perekrutan pelanggan
    Meskipun merekrut pelanggan baru itu penting, namun mempertahankan pelanggan setia jauh lebih hemat biaya, karena mereka membawa keuntungan lebih tinggi dengan biaya lebih rendah.

  5. Pelanggan setia berbelanja secara teratur
    Pelayan yang loyal biasanya sudah memiliki pengalaman positif dengan produkmu, sehingga tetap cenderung berbelanja lebih sering daripada pelanggan baru. Apalagi menjelang liburan atau hari besar, biasanya mereka belanja lebih banyak untuk hadiah.

  6. Membantu merencanakan masa depan
    Pelanggan yang loyal akan membuat keputusan antisipasi yang lebih baik dan secara efektif merencanakan keuangan dan upaya pemasaranmu.