01 SEP 2022 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 102 DILIHAT

7 Cara Dekat dengan Pelanggan

Kedekatan dengan pelanggan sangat penting untuk membangun loyalitas dan mendorong bisnis yang berkelanjutan. Untuk melakukannya, coba terapkan 7 cara ini.

  1. Pertahankan siklus hidup pelanggan
    Siklus hidup pelanggan adalah panjang dan sifat hubungan pelanggan dengan bisnismu. Jadi tak hanya berhenti ketika memperoleh pelanggan saja, namun juga mempertahankan minat mereka pada produk, bahkan memperluas hubungan di luar pembelian tunggal.

  2. Gali lebih dalam
    Melihat riwayat pembelian memang bisa menjadi datamu, namun itu tidak cukup. Perdalam lagi, kembangkan data pelanggan ke banyak faktor lain misalnya kecenderungan, minat, komposisi rumah tangga, dan metrik lainnya. Informasi ini berharga untuk mengembangkan bisnismu.

  3. Berpikir seperti bisnis besar
    Usaha kecil harus berpikir seperti bisnis besar dan kemudian bertindak menggunakan alat yang tersedia bagi mereka. Manfaatkan data (bukan firasat), materi bisnis yang disediakan, fleksibilitas, dan bereksperimenlah dengan cerdas, untuk menemukan apa yang penting bagi pelangganmu.

  4. Identifikasi dan tindak lanjuti
    Datangilah pelangganmu, jangan menunggu mereka mendatangimu. Cari waktu yang tepat untuk menyapanya. Jika kamu melakukan secara intens maka kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

  5. Tantang asumsi
    Jangan berasumsi bahwa metode dan praktik yang telah berjalan dengan baik selama setahun terakhir akan berhasil di masa depan. Secara konsisten update data dan wawasan yang ada untuk memastikan kamu memiliki (dan, yang lebih penting, bertindak berdasarkan) data terbaik yang tersedia.

  6. Membangun “suara merek”
    Suara merekmu pada dasarnya adalah kepribadian bisnismu. Bangun suara merek dengan kepribadian berbeda yang selaras dengan nilai-nilaimu dan nilai-nilai audiens targetmu, sehingga memungkinkan untuk membuat hubungan antarindividu dengan pelangganmu. Koneksi ini memungkinkan pelangganmu percaya padamu dan produk yang kamu tawarkan.

  7. Terhubung dengan konsumen di media sosial
    Jaringan media sosial seperti Instagram dan Facebook adalah platform keterlibatan pelanggan yang harus dimiliki untuk bisnis. Menggunakan media sosial akan membantumu menarik pelanggan baru dan menjangkau pelanggan tetap, terutama di perangkat seluler mereka. Triknya, posting sesuatu di akun media sosialmu yang membuat orang ingin menandai (men-tag). Menandai orang lain menciptakan reaksi berantai untuk postinganmu, karena setiap tag menuju ke timeline orang lain, dan seluruh proses berlanjut.