23 MAY 2023 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 793 DILIHAT

5 Strategi Menguatkan Tekad

Salah satu dari sekian banyak penyebab kegagalan adalah kurangnya tekad yang kuat. Padahal tekad adalah sumber daya yang tak terbatas. Latih kemampuanmu dengan tips berikut agar tekadmu kuat.

  1. Tetapkan tujuan yang ambisius tetapi realistis
    Tulis daftar tujuan dan kebutuhanmu. Apakah sudah selaras atau mengorbankan satu sama lain? Saat mulai menetapkan tujuan, pastikan membuat tujuan yang realistis dan dapat dicapai. Hormati nilai dan ambisimu dengan menetapkan tujuan yang sesuai dengan gaya hidup yang sedang kamu jalani saat ini.

  2. Rileks sebentar sebelum melangkah
    Memutuskan daftar tujuan dan cara mencapainya itu cukup melelahkan. Rilekslah sebentar sebelum mulai fokus untuk menyiapkan kekuatan fisik dan mental. Saat bekerja untuk bertekad, tetap perhatikan kesehatan dan kebugaran untuk menghindari kelelahan. Jika perlu minum NutriliteTM Vitamin B Complex Double Layer yang mengandung 8 Vitamin B Complex disertai Spirulina, yaitu alga biru kehijauan yang dikenal kaya akan kandungan vitamin B Complex dan fitonutrisi, yang mampu membantu tubuh mengatasi kelelahan.

  3. Tetapkan tantangan untuk diri sendiri
    Salah satu alasan tekadmu lemah adalah karena tidak merasa tertantang. Sebuah tugas/tujuan tidak perlu terasa mustahil untuk menantang, tetapi jika terlalu mudah, kamu jadi malas. Tantangan seperti berbicara lebih sering saat presentasi cukup untuk mulai menemukan tepi zona nyaman dan mencoba memperluasnya. Setelah kamu menaklukkan tantangan yang lebih kecil, kamu akan lebih semangat untuk menyiapkan tantangan yang lebih besar.

  4. Kembangkan pola pikir positif
    Pola pikir positif memberi perspektif berbeda tentang hambatan, tugas, dan penghargaan. Cobalah beralih dari berpikir, ”Aku harus mendaki “bukit besar” untuk meraih tujuan dan pasti melelahkan," menjadi "Aku harus mendaki “bukit besar” sebagai bagian dari pelatihan untuk mencapai tujuan agar aku menjadi lebih kuat." Putaran positif ini akan membantu saat kamu merasa kurang motivasi untuk melanjutkan.

  5. Tunda kepuasan
    Menunda kepuasan berarti menahan godaan untuk langsung menghadiahi diri sendiri. Menunda hadiah membantu meningkatkan kemauan, dedikasi, pengendalian diri, dan memajukan tekad. Kamu menunda untuk mencapai hadiah yang besar dan tentunya lebih bermakna.