09 JAN 2021 TIPS BISNIS 2 MENIT DIBACA 103 DILIHAT

Resolusi Bisnis Hadapi Pandemi

Menurut perkiraan, tahun 2021 pandemi Covid-19 belum berakhir. Sudahkah Anda menyiapkan resolusi bisnis sebagai strategi untuk menghadapinya?

Bagaimana pun juga bisnis tetap harus berjalan, apapun kondisinya. Anda tinggal menyesuaikan dengan tren bisnis saat ini, lalu mengaplikasikannya pada bisnis Anda. Berikut beberapa resolusi bisnis yang bisa dijadikan ide untuk terus mengembangkan bisnis Anda:

  1. Sediakan layanan bintang 5

Menurut Harvard Business Review, berinvestasi pada pelanggan baru antara 5 dan 25 kali lebih mahal daripada mempertahankan yang sudah ada. Jadi, buat resolusi bisnis untuk menghadirkan layanan yang lebih baik kepada pelanggan Anda di tahun 2021.

  • Tingkatkan kualitas layanan sehingga membuat pelanggan Anda senang selama bertahun-tahun yang akan datang.
  • Buatlah layanan pelanggan 24 jam seperti chatbot jika Anda memiliki situs web, juga saluran media seperti instagram, facebook, atau twitter.

Resolusi bisnis ini memang memerlukan ketekunan, tapi Anda memiliki banyak waktu selama musim pandemi ini. Jadi tak masalah, bukan?

  1. Tingkatkan upaya pemasaran

Ikuti tren pemasaran lalu sesuaikan dengan strategi pemasaran Anda.

  • Cek strategi bisnis yang telah Anda jalankan, analisalah. Ganti strategi yang gagal dengan beberapa strategi baru untuk menjangkau audiens baru secara efektif pada tahun 2021.
  • Jangan alpa mengikuti training bisnis yang diadakan meskipun masih secara online, untuk terus memperkaya kemampuan Anda dan pengenalan produk lebih mendalam.
  1. Tingkatkan produktivitas

Hadirnya www.amway.id sangat memudahkan proses pemesanan hingga pembelajaran dan pengenalan produk. Anda dan anggota tim tinggal meningkatkan produktivitas, lalu mengoptimalkan waktu untuk agenda lain guna mendukung perkembangan bisnis yang sedang berjalan.

  1. Kembangkan tim

Di musim pandemi, Anda tak perlu keluar rumah untuk mengembangkan tim. Sapa tim Anda secara rutin untuk proses pengembangannya dengan cara:

  • Lakukan meeting online menggunakan aplikasi seperti Zoom meeting.
  • Buat kelas khusus untuk pelanggan baru atau ABO yang ingin berkonsultasi, tetap melalui aplikasi meeting online.
  • Terus motivasi team dan update feedback secara berkala.
  • Kurangi kerugian dan lanjutkan saja

Terkadang bisnis tidak berjalan sesuai harapan. Itu bukanlah masalah besar. Inti dari berbisnis adalah, menemukan kesalahan lalu memperbaikinya, lalu menjadi lebih baik lagi.

Ingat resolusi bisnis ini, ketika Anda berhenti melakukan hal yang sama berulang kali dan mengubah apa yang perlu diubah, Anda dapat mengharapkan hasil yang berbeda. Oleh karena itu, bedakan antara bisa diterapkan dan tidak bisa dikerjakan, kurangi kerugian Anda, dan lanjutkan saja.