22 JUL 2024 HIDUP SEHAT 3 MENIT DIBACA 162 DILIHAT

Superfood, Untuk Daya Tahan Tubuh

Tubuh ibarat buku terbuka yang menerima apa pun yang didiberikan. Ketika wabah muncul, saat itulah ketahanan tubuh diuji. Nah, jika kamu pemakan junk food, bisa jadi sistem kekebalan tubuhmu lemah dan mudah dirusak oleh virus.

Berikut adalah beberapa ‘makanan super’ penambah kekebalan agar selalu tahan banting saat wabah flu atau virus menyerang:

1. Kunyit

Jenis rempah-rempah yang berwarna kuning cerah ini merupakan bumbu hidangan khas India dan Timur Tengah. Selain cita rasanya unik, kunyit ternyata mengandung curcumin, polifenol aktif yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Namun karena tingkat penyerapannya rendah, dianjurkan mengonsumsi kunyit bersama makanan lain, misalnya piperin yang terdapat pada lada hitam atau tambahkan saja dalam minuman smoothie.

 

2. Kacang kenari

Kacang kenari tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3 esensial, tetapi juga fenol antioksidan yang memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Kacang kenari mengandung bentuk khusus vitamin E yang disebut gamma-tocopherol, yang merupakan dasar bagi sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang. Rendam kacang kenari terlebih dulu sebelum mengonsumsinya agar terasa lebih gurih.

3. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk melawan infeksi, karena mengandung allicin, senyawa aktif yang mudah diubah menjadi senyawa yang mengandung belerang lain yang meningkatkan respons melawan penyakit sel darah putih dalam tubuh ketika ada virus. Hancurkan bawang putih dan biarkan selama 10-15  sebelum memakannya untuk meningkatkan kandungan allicin di dalamnya. 

4. Kale

Sebagai makanan super, sayuran berdaun silang ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Kale juga mengandung mangan untuk meningkatkan kadar superoksida dismutase, sebuah enzim yang menghindarkan dari kanker dan memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus. Sajikan kale dalam mangkok salad, lalu pijat lembut dengan minyak zaitun dan jus lemon untuk membantu memecah serat-seratnya agar rasanya tidak pahit.  

5. Goji berry

Goji berry mengandung polisakarida, yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan aktivitas antioksidan total dalam tubuh. Zat zeaxanthin, pemberi warna pada buah beri meningkatkan kesehatan makula dan memberi kekebalan pada tubuh. Bisa dimakan kering sebagai camilan, tetapi jika tidak menyukai kekenyalannya, rendam terlebih dulu dalam air panas atau teh terlebih dulu.

Tambahkan Suplemen untuk perkuat Daya Tahan Tubuh

Selain dengan mengonsumsi makanan tersebut, perkuat juga daya tahan tubuh dengan vitamin dan mineral ini :

  • NutriliteTM Double XTM yang baru atau NutriliteTM Daily untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar dan memperkuat daya tahan tubuh.
  • NutriliteTM Bio C Extended Release, untuk memberi perlindungan antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • NutriliteTM Acerola C, kaya vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh anak dengan rasa yang enak.
  • NutriliteTM Garlic & Licorice, mengandung Allicin yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan antibiotik alami.