15 SEP 2021 BISNIS 2 MENIT DIBACA 87 DILIHAT

Strategi SMARTER, Kiat Sukses Tahun Fiskal Baru

Terlalu banyak keinginan atau target seringkali malah gagal semua. Saatnya menerapkan strategi SMARTER.

Tidak fokus

Biasanya untuk menyambut tahun baru kita membuat banyak resolusi, namun ujung-ujungnya tak satu pun yang terlaksana. Begitu juga dengan bisnis, karena mengambil terlalu banyak target sekaligus atau mengadopsi tujuan yang terlalu besar, jadi tidak fokus dan akhirnya tak satu pun tercapai. Saatnya memperlambat langkah, kerjakan satu demi satu.

Mulailah dengan perubahan kecil

Target besar tanpa perencanaan matang biasanya akan berhenti di tengah jalan. Sebaliknya, mulailah dengan perubahan kecil yang lebih bisa dicapai. Ini akan memungkinkan kamu untuk mencatat beberapa kemenangan awal dan membangun kesuksesan kecil tersebut sehingga tujuan yang lebih besar dapat dicapai dengan baik. Setelah merasa menguasai yang pertama, naikkan standar dan tambahkan sesuatu yang baru.

Tetapkan tujuan yang SMARTER

Terapkan metode penetapan tujuan yang SMARTER: Specific, Measurable (Terukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant, Time-Bound (terikat waktu), Evaluated (evaluasi), dan Re-Adjusted (bisa disesuaikan kembali). Ini adalah strategi untuk menetapkan tujuan yang akan menghasilkan kemungkinan sukses yang tinggi.

  • Spesific
    Untuk menetapkan tujuan yang jelas dan mudah dicapai, kamu harus sangat spesifik tentang tujuan tersebut. Jelaskan hingga detail terakhir, pastikan itu dapat diukur dan dicapai.
  • Measurable & Achievable
    Meskipun tujuan jangka panjang yang tinggi tidak apa-apa, tetapkan tujuan pendek satu tahun misalnya, harus menjadi sesuatu yang sedikit di luar jangkauan tetapi masih dapat dicapai.
  • Relevant
    Berarti tujuan harus selaras dengan nilai-nilai dan keyakinan serta selaras dengan passion yang kamu minati.
  • Time-Bound
    Tetapkan timeline atau kalender tertentu untuk pencapaiannya.
  • Evaluated & Re-adjusted
    Dan saat bekerja menuju tujuan, kamu harus mengevaluasi dan menyesuaikan kembali rencana untuk mencapainya.

Sumber:

https://www.entrepreneur.com/article/284783

https://www.amwayconnections.com/healthy-living/tips-for-new-year-new-me-goals/