25 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA

Puasa, Mengapa Berat Badan Naik

1.  Makan terlalu banyak saat buka dan sahur

    Ini yang biasanya terjadi. Karena merasa seharian tidak makan, begitu buka langsung semua makanan disantap.

    2.  Makan makanan yang kurang bergizi

      Saat berbuka, biasanya lebih tergoda pada makanan yang gurih, manis, berlemak, bahkan junk food. Jelas saja berat badan makin melonjak!

      Sebaiknya minum air putih terlebih dulu, baru beberapa saat makan malam dengan makanan bergizi seimbang. Konsumsi juga Nutrilite™ BodyKey, minuman tinggi serat, saat makan malam agar asupan nutrisi lengkap dan kalori tetap terkontrol.

      3.  Melewatkan waktu berbuka atau sahur

        Mentang-mentang diet, hanya makan sedikit atau melewatkan sahur. Justru ini berbahaya karena malah memicu rasa lapar, sehingga begitu buka/sahur berikutnya cenderung makan berlebihan.

        4.  Kurang tidur

          Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara tidur yang cukup dengan hasil penurunan berat badan yang positif. Usahakan untuk tidur setidaknya 7 jam per malam.

          5.  Kurang atau malah terlalu banyak olahraga

            Olahraga yang rutin dan cukup adalah kuncinya. Malas olahraga tak membantu pembakaran kalori, sedangkan terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan tingkat energi turun dan tingkat kelaparan meroket!

            6.  Tidak cukup terhidrasi

              Tidak minum cukup air selama puasa tidak hanya membuat dehidrasi, tetapi juga kehilangan manfaat air untuk mengatasi rasa lapar.

              7.  Kurangnya perencanaan

                Ketika berpuasa, jadwal makan pun berubah, sehingga perlu perencanaan agar tubuh terbiasa dengan perubahan ini. Jika tidak, semua menu makan, jadwal tidur, hingga olahraga bisa jadi berantakan!