11 NOV 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 75 DILIHAT

Penyebab Mesin Cuci Gampang Rusak

Masa pakai mesin cuci dan pengering biasanya sekitar 10 tahunan. Namun, beberapa kebiasaan ini bisa bikin mesin cuci cepat rusak.

  1. Lupa mengosongkan kantong pakaian/celana
    Benda logam seperti koin, kunci, dan sekrup dapat merusak tabung bagian dalam dan tabung luar mesin cuci. Permen karet, tisu, dan uang tunai dapat menyumbat saluran pembuangan mesin cuci. Jadi biasakan mengosongkan kantong terlebih dulu.

  2. Memasukkan pakaian dalam ke dalam mesin cuci & pengering
    Pakaian dalam biasanya terbuat dari bahan yang lebih lembut dan halus. Sementara proses pengeringan menghasilkan energi yang panas sehingga membuat pakaian dalam mudah rusak. Belum lagi jika ada kawat, bisa tersangkut dan menyebabkan kerusakan. Selalu cuci pakaian dalam dengan tangan atau masukkan ke dalam tas berbahan mesh untuk menghindari kerusakan.

  3. Terlalu banyak menggunakan deterjen
    Menggunakan terlalu banyak sabun menyebabkan mesin cuci meluap, apalagi jika menggunakan deterjen yang mengandung bahan kimia. Gunakan saja SA8™ Premium Concentrated Laundry Detergent, deterjen bubuk konsentrat dengan formula dipatenkan yang efektif membersihkan pakaian dari noda yang membandel dan membuat warna pakaian tetap cemerlang. Untuk pakaian kotor seberat 2kg saja hanya memerlukan 1 sendok takaran (12gr) SA8™ Premium Concentrated Laundry Detergent. Sangat hemat, lho, karena kemasan 1 kg bisa untuk 83 kali mencuci!

  4. Menjejalkan semua pakaian kotor sehingga terlalu penuh
    Membebani mesin cuci hanya akan menjadi bumerang. Pakaian tidak dibersihkan secara menyeluruh dan meninggalkan residu deterjen. Mesin cuci yang diisi penuh pakaian harus bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan keausan yang tidak perlu pada mekanisme mesin, seperti agitator.

  5. Meninggalkan pakaian basah di mesin cuci
    Jamur tidak hanya akan menyebabkan mesin cuci bau, tetapi juga mempersingkat masa pakai mesin cuci. Segera keluarkan pakaian bersih begitu siklus pencucian selesai. Jika memiliki mesin cuci bukaan depan, biarkan pintu terbuka beberapa menit agar tidak lembap.

  6. Mencampur semua item
    Jangan mencampur semua item ke dalam mesin cuci. Hindari mengeringkan kaos bersamaan dengan handuk karena pengering bekerja paling efisien saat mengeringkan barang dengan berat yang sama. Jadi mencampur barang dengan berat yang sangat berbeda,seperti handuk dan kaos, dapat merusak keseimbangan mesin.