29 JUL 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 240 DILIHAT

Nutrisi untuk Meningkatkan Kolagen

Kolagen berasal dari kata Yunani “kólla,” yang berarti lem. Kolagen dianggap sebagai  "lem" yang menyatukan, protein yang menyediakan struktur untuk sebagian besar tubuh Anda, termasuk tulang, kulit, tendon, dan ligamen.

Nutrisi yang meningkatkan produksi kolagen

Empat nutrisi yang membantu memproduksi kolagen adalah vitamin C, prolin, glisin, dan tembaga. Juga, makan protein berkualitas tinggi memberi tubuh Anda asam amino yang dibutuhkannya.

1.  Vitamin C

Sejumlah besar ditemukan dalam buah jeruk, paprika, dan stroberi.

2.  Prolin

Sejumlah besar ditemukan dalam putih telur, bibit gandum, produk susu, kubis, asparagus, dan jamur.

3.  Glisin

Sejumlah besar ditemukan di kulit ayam, dan gelatin, tetapi glisin juga ditemukan di berbagai makanan yang mengandung protein.

4.  Copper/tembaga

    Sejumlah besar ditemukan dalam daging organ, biji wijen, bubuk kakao, kacang mete, dan lentil.

    Selain itu, tubuh Anda membutuhkan protein berkualitas tinggi yang mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk membuat protein baru.

    Terapkan juga kolagen pada produk perawatan kulit Anda untuk membantu kulit terlihat sehat kembali.

    Hal-hal yang merusak kolagen

    Mungkin lebih penting untuk menghindari perilaku perusak kolagen berikut:

    • Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan

      Gula mengganggu kemampuan kolagen untuk memperbaiki dirinya sendiri. Minimalkan konsumsi gula tambahan dan karbohidrat olahan.

      • Mendapatkan terlalu banyak sinar matahari

      Radiasi ultraviolet dapat mengurangi produksi kolagen. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

      • Merokok

      Merokok mengurangi produksi kolagen. Ini dapat mengganggu penyembuhan luka dan menyebabkan kerutan.

      • Beberapa gangguan autoimun, seperti lupus, juga dapat merusak kolagen.

      Sumber:

      https://www.healthline.com/nut...