04 JUL 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 209 DILIHAT

Mitos Vs. Fakta Sarapan

Mungkin banyak mitos yang Anda dengar tentang sarapan sehingga Anda pun enggan melakukannya. Padahal, sarapan itu penting untuk membantu meningkatkan energi serta protein dan kalsium yang digunakan sepanjang malam.

Mitos: sarapan efektif untuk menurunkan berat badan. 

    Fakta: Salah. Menurut National Weight Loss Registry, 78% orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya setidaknya selama 5 tahun dengan menerapkan kebiasaan sarapan setiap hari. Melewatkan sarapan cenderung membuat Anda makan berlebihan saat makan siang dan malam. Sebaliknya, patuhi jadwal makan yang seimbang dan teratur yang mencakup sarapan sehat.

    Mitos: tidak perlu sarapan kalau tidak lapar.

      Fakta: Salah. Anda tidak ingin bergantung pada 2 kali makan lain dalam sehari untuk menyediakan 100% nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Bahkan jika Anda tidak terlalu lapar, cobalah makan sesuatu yang sehat dalam waktu satu jam setelah bangun tidur.

      Mitos: sarapan bikin perut kenyang.

      Fakta: Setelah makan pastilah kenyang, namun tentu saja tidak akan berlangsung lama karena nutrisi sarapan akan diubah menjadi energi yang Anda perlukan untuk beraktivitas. Justru sarapan akan mencegah Anda makan berlebihan saat jam makan siang karena energi yang Anda gunakan telah disediakan oleh sarapan.

      Mitos: Tidak sarapan akan menghemat uang.

        Fakta: Dalam jangka pendek mungkin melewatkan sarapan bisa menghemat uang Anda. Namun dalam jangka panjang dapat menimbulkan biaya kesehatan yang tidak terduga. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan sarapan sehat secara teratur berada pada risiko yang lebih rendah untuk kondisi mahal termasuk obesitas, hipertensi dan penyakit jantung.

        Mitos: Sarapan tidak membuat perbedaan.

          Fakta: Salah. Penelitian telah menemukan bahwa sarapan yang sehat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kinerja, memberikan daya tahan fisik tambahan, dan menurunkan kadar kolesterol. Sarapan sangat penting bagi anak-anak dan remaja, karena dengan sarapan memiliki keterampilan pemecahan masalah dan koordinasi mata-tangan yang lebih baik.

          Mitos: Tidak ada waktu untuk sarapan.

            Fakta: Sarapan tidak harus memerlukan persiapan yang lama. Cukup ambil buah di kulkas, bikin smoothie. Ide lain,  bikin avocado toast atau tambahkan 2 scoop Nutrilite Hi Protein pada sarapan Anda. Mau lebih gampang? Blender susu kedelai bersama bubuk matcha, tambahkan 2 scoop Nutrilite Hi Protein dan Bodykey Vanila. Enak, segar, bernutrisi tinggi!

            Sumber: https://www.foodnetwork.com