24 JAN 2021 KESEHATAN 2 MENIT DIBACA 277 DILIHAT

Kiat Anak Sehat Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Beragam cara bisa Anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak serta menjaganya agar anak sehat.

Sudah hampir setahun sejak merebaknya Covid-19 semua aktivitas dibatasi. Wajar saja jika anak Anda bosan dengan keseharian yang mayoritas di rumah saja. Namun, Anda jangan lengah, lakukan berbagai tindakan pencegahan dan perlindungan berikut agar tumbuh kembangnya tetap optimal dan anak sehat.

  1. Jangan bosan mengingatkan untuk mencuci tangan
  2. Ajarkan dan perkuat tindakan pencegahan sehari-hari seperti mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Sediakan G&H Protect+ Hand Soap, sabun pencuci tangan dengan formula natural mineral dan diperkaya antioksidan, sehingga tangan anak tetap lembut dan lembap.
  3. Ajarkan juga cara menggunakan hand sanitizer dengan benar. Pastikan menyediakan hand sanitizer berbahan 60% alkohol seperti PursueTM Antiseptic Hand Gel, yang merupakan antiseptik untuk tangan yang mengandung etanol dan triclosan yang efektif membunuh kuman.
  4. Kenakan masker

Untuk menjaga agar anak sehat dan meminimalkan paparan Covid-19, pastikan semua orang di rumah memakai masker (jika berusia 2 tahun atau lebih) ketika berada di depan umum dan di sekitar orang yang tidak tinggal di rumah. Pastikan juga anak memakai masker dengan benar dan aman.

  1. Hindari kontak dekat

Pastikan anak menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain yang tidak tinggal serumah dan orang di rumah yang sedang sakit seperti batuk dan bersin. Langkah ini juga akan membantu anak sehat dan meminimalkan risiko tertular.

  1. Bantu anak tetap aktif

Ajak anak melakukan aktivitas fisik secara teratur yang dapat membuat anak sehat sekaligus meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak Anda. Ajak anak berjemur atau berolahraga ringan seperti naik sepeda di pagi hari ketika jalanan masih sepi, atau bermain basket di halaman belakang.

  1. Bantu anak tetap terhubung secara sosial

Tetap jaga kebutuhan anak bersosialisasi dengan cara memberi waktu berbincang dengan teman atau keluarga lain melalui video call atau menulis surat atau kartu ke saudara lain.

  1. Tetap penuhi kebutuhan nutrisinya

Pastikan anak selalu makan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Untuk memperkuat daya tahan tubuhnya, Anda bisa memberinya:

  • Nutrilite Acerola C, membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Nutrilite Chewable Concentrate Fruit & Veggie, membantu memenuhi kebutuhan buah & sayuran untuk memelihara daya tahan tubuh
  • Nutrilite Hi-Protein Coklat dan Berry, bersama dengan zat besi membantu pembentukan sel darah merah sehingga tubuh dapat berfungsi dengan optimal dan anak dapat beraktivitas dengan baik.

Sumber:

http://news.unair.ac.id/en/2020/07/27/six-roles-of-family-to-childrens-education-during-pandemic/

https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/COVID-19/Pages/Parenting-in-a-Pandemic.aspx