21 DEC 2020 GAYA HIDUP 2 MENIT DIBACA 278 DILIHAT

Hubungan Sosial & Kesehatan

Memiliki hubungan baik dengan teman atau keluarga ternyata lebih dari sekadar memperkaya kehidupan sosial Anda. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial yang kuat merupakan kunci bagi keseluruhan kesehatan dan pribadi seseorang. Bagaimana kedua hal ini berhubungan?

Hubungan kehidupan sosial dengan kesehatan

Seperti yang dipublikasikan pada bulan April di situs "Be Well" Stanford, sebuah tim yang dipimpin oleh Dr. Catherine Heaney, seorang profesor psikologi dan kedokteran di Stanford Prevention Research Center, mewawancarai 100 orang dari berbagai latar belakang etnis tentang "tingkat kesejahteraan makhluk hidup."

Tanggapan mereka tersebar di beberapa kategori, termasuk kesehatan fisik, spiritualitas dan kesehatan mental. Di antara semua kategori, hubungan sosial adalah topik yang paling dominan.

"Orang-orang berbicara paling banyak mengenai sejauh mana mereka terintegrasi dengan baik ke dalam struktur sosial komunitas mereka - dengan orang yang mereka cintai, keluarga dan teman mereka," katanya dalam sebuah wawancara untuk program Stanford Be Well.

Heaney mengatakan bahwa temuan itu masuk akal. "Hubungan menawarkan dukungan, kenyamanan, rasa memiliki - semua kebutuhan manusia yang penting."

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyadari pentingnya kesehatan sosial, termasuk definisi kesehatannya yang resmi: "Kesehatan adalah keadaan kesehatan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan."

Cara meningkatkan kesehatan sosial

1. Menjaga hubungan baik

Jagalah hubungan baik dengan teman dan keluarga. Caranya dengan meluangkan waktu berkumpul bersama mereka atau menjaga hubungan lewat seperti telpon, email, atau media sosial lainnya.

2. Seimbangkan kepentingan pribadi dan sosial

Menghabiskan waktu dengan orang lain itu sehat, tapi Anda juga memerlukan waktu untuk diri sendiri. Temukan keseimbangan yang sehat.

3. Keterampilan komunikasi yang efektif

Miliki keterampilan komunikasi yang efektif dengan berkomunikasi secara terbuka, memupuk kepercayaan, dan kuasai manajemen konflik.

4. Menjadi diri Anda

Merasa nyaman dengan diri sendiri dalam segala situasi adalah kunci.

5. Terbuka terhadap hubungan baru

Terlibat dengan orang lain di komunitas Anda dan menunjukkan rasa hormat terhadap perbedaan dapat memperluas jaringan sosial Anda.