14 MAR 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 3 MENIT DIBACA 328 DILIHAT

Fakta Penting Cuci Tangan

Jangan lega dulu kalau sudah mencuci tangan. Faktanya, banyak bakteri yang masih menempel karena kebiasaan kita yang salah, sehingga bikin kuman masih menempel. Berikut ini beberapa fakta yang perlu Anda ketahui sehingga bisa memperbaiki kebiasaan mencuci tangan, bahkan menularkan kebiasaan ini ke banyak orang.

1.  Cara mencuci tangan yang salah

    Ternyata, banyak dari kita yang asal mencuci tangan sehingga bakteri/kuman/virus tidak mati. Sebuah studi oleh Michigan State University menemukan bahwa 33% orang tidak menggunakan sabun, dan 10% tidak mencuci sama sekali.

    Sebaiknya:

    • Mencuci tanganlah sesuai rekomendasi CDC yaitu menggosoknya dengan sabun selama 20 detik.
    • Oleskan sabun ke seluruh tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku.

    2.  Sabun antibakteri bukan berarti lebih baik

    Jangan terpaku selalu menggunakan sabun antibakteri. Menurut sebuah studi oleh Department of Epidemiology di University of Michigan, sabun antibakteri tidak lebih efektif dalam mencegah penyakit daripada mencuci sabun dengan air biasa.

    Sebaiknya:

    • Pilih sabun yang berbahan aman, ramah lingkungan, mampu membantu membunuh bakteri, sekaligus membuat tangan tetap lembap seperti G&H Protect+™ Hand Soap.
    • Sabun cuci tangan G&H Protect+™ Hand Soap efektif membunuh kuman dan membersihkan kotoran. Mengandung white tea, natural mineral dan bilberry extract untuk membantu menetralkan bau yang kuat dan melembapkan tangan.

    3.  Handuk dapur penuh bakteri

    Sebuah studi oleh Universitas Mauritius menemukan bahwa patogen yang terkait dengan keracunan makanan, seperti Staphylococcus aureus dan E. coli, ditemukan di handuk dapur setelah penggunaan normal selama sebulan.

    Sebaiknya:

    • Setelah mencuci tangan, keringkan menggunakan handuk kertas atau biarkan tangan Anda mengering.

    4.  Tidak perlu menggunakan air panas

    Meskipun sudah lama dipercaya bahwa air panas dapat membasmi kuman, air dingin juga berfungsi dengan baik. Sebuah studi Universitas Vanderbilt menemukan bahwa air dingin baik-baik saja selama Anda menggosok dengan sabun, bilas, dan keringkan tangan Anda secara menyeluruh.

    Sebaiknya:

    • Pilih suhu yang terasa nyaman, membuat Anda rileks. Ini akan merangsang pusat penghargaan di otak Anda dan membuat Anda lebih mungkin melakukannya lagi.

    5.  Gunakan sabun dan antiseptic hand gel sesuai tempatnya

    Keduanya sama efektif membunuh kuman, dengan catatan antiseptic hand gel mengandung etanol yang dianjurkan. Gunakan sabun untuk mencuci tangan, jika tak ada air Anda bisa menggunakan antiseptic hand gel.

    Sebaiknya:

    • Pilih antiseptic hand gel yang mengandung etanol yang dianjurkan sehingga efektif membantu membunuh kuman, seperti Pursue Antiseptic Hand Gel.
    • Produk ini mengandung ethanol yang berasal dari tumbuhan Jagung (plant based) dan telah teruji laboratorium dapat membantu membunuh kuman. Selain itu juga mengandung aloe vera sehingga tangan tetap lembut.
    • Teksturnya yang ringan tidak meninggalkan residu pada tangan.