14 APR 2021 HIDUP SEHAT 3 MENIT DIBACA 398 DILIHAT

Clean Eating untuk Pemula

Clean eating mendadak populer sebagai pola makan yang tak hanya menjanjikan tubuh yang ideal, namun juga lebih bugar.

Sesuai namanya, clean eating adalah pola makan “bersih” yang kembali pada hakiki makanan itu sendiri, yaitu makanan utuh, alami, tanpa sentuhan bahan kimia, dengan minimal pengolahan, sehingga memberikan manfaat gizi maksimal.

Tertarik mencoba? Beberapa panduan berikut bisa Anda terapkan sebagai permulaan.

1. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang membantu melawan peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

√ Pilihlah sayur dan buah organik untuk mengurangi paparan pestisida dan berpotensi meningkatkan kesehatan Anda.

√ Buat salad Anda setidaknya dari tiga sayuran berbeda selain sayuran hijau.

√ Tambahkan beri, cincang apel, atau irisan orange ke hidangan favorit Anda.

√ Cuci dan potong sayuran, aduk dengan minyak zaitun dan rempah-rempah, dan tempatkan dalam wadah di kulkas agar mudah diakses.

2. Batasi makanan olahan

Makanan olahan secara langsung menentang gaya hidup makan yang bersih, karena telah dimodifikasi dari keadaan alami mereka, bahkan mengandung pengawet.

Sebagian besar nutrisi dan seratnya hilang, berganti tambahan gula, bahan kimia, atau bahan lainnya. Makanan olahan telah dikaitkan dengan peradangan dan peningkatan risiko penyakit jantung dan penyakit lainnya.

3. Baca label

Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang dikemas seperti sayuran, kacang-kacangan, dan daging. Jangan lupa membaca label yang tertera di kemasan dan pastikan tidak ada bahan pengawet, gula tambahan, atau lemak tidak sehat.

4. Berhenti makan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan adalah makanan olahan tinggi yang mudah dikonsumsi namun memberikan sedikit nilai gizi. Sebaliknya, biji-bijian utuh menyediakan lebih banyak nutrisi dan serat , dapat mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan usus yang lebih baik. Pilih biji-bijian yang paling sedikit diproses, seperti roti gandum dan gandum .

5. Hindari minyak sayur dan olesan

Minyak nabati dan margarin tidak memenuhi kriteria untuk makan sehat. Beberapa minyak juga mengandung asam linoleat lemak omega-6 tingkat tinggi yang bisa meningkatkan peradangan dan berpotensi meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan penyakit jantung.

Gantikan dengan lemak yang sehat seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan alpukat.

6. Hindari gula yang ditambahkan dalam bentuk apa pun

Gula mengalami banyak proses dalam pembuatannya dan dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan. Coba sesekali gunakan pemanis alami dalam jumlah kecil atau hindari gula sama sekali.

7. Jadikan air sebagai minuman utama Anda

Air adalah minuman paling sehat dan paling alami yang dapat Anda minum karena tidak mengandung aditif, gula, pemanis buatan, atau bahan-bahan berbahaya lainnya. Air dapat membuat Anda terhidrasi dan juga dapat membantu Anda mencapai berat badan yang sehat.

Sebaliknya, minuman yang dimaniskan dengan gula secara konsisten dikaitkan dengan diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya. Terlebih lagi, jus buah dapat menyebabkan banyak masalah yang sama karena kandungan gulanya yang tinggi.

8. Pilih suplemen organik

Untuk mendukung aktivitas Anda, mulailah memilih menggunakan suplemen berbahan alami dan organik seperti Nutrilite. Beragam kebutuhan tambahan nutrisi bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan tanpa rasa khawatir karena semua produk Nutrilite bersumber dari pertanian organik milik sendiri dan telah melalui serangkaian uji kualitas sehingga dijamin aman.