14 DEC 2020 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 182 DILIHAT

Ciri Rumah Sehat

Memiliki hunian yang sesuai dengan standar kesehatan sangatlah penting. Rumah yang sehat akan menjadi tempat berisitirahat yang menyenangkan sekaligus tempat berlindung yang aman. Ada beberapa syarat mendasar yang harus dipenuhi agar sebuah rumah bisa dikatakan sehat.

Memiliki ruangan yang terorganisir dengan baik

Rumah harus memiliki ruang pokok seperti ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dan dapur, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Dengan begitu penghuninya juga ikut terorganisir dan memudahkan dalam perawatan.

Kualitas udara yang baik

Rumah harus memiliki sirkulasi udara yag baik untuk menjamin kecukupan oksigen yang dihirup penghuninya. Selain jendela juga diperlukan ventilasi yang cukup agar udara mengalir dengan baik.

Kualitas udara yang baik sangat diperlukan agar penghuni rumah terhindar dari debu atau polutan yang bisa memicu munculnya penyakit, terutama alergi. Kalau perlu, gunakan penjernih udara seperti ATMOSPHERE™ yang membantu Anda mendapatkan udara bersih dan sehat.

Pencahayaan yang cukup

Bisa diperoleh melalui pencahayaan alami dari sinar matahari dan pencahayaan buatan dengan lampu. Pastikan sinar matahari bisa masuk ke rumah, sehingga saat siang hari Anda tak perlu menyalakan lampu.

Selain menghemat energi, cahaya matahari pagi bagus untuk kesehatan tulang. Intensitas cahaya lampu kala malam hari pastikan cukup terang dan tidak menyilaukan mata.

Air yang bersih

Rumah harus memiliki suplai air bersih untuk keperluan minum dan memasak yang cukup. Untuk air minum paling tidak tersedia minimal 60 liter/hari/orang dan pastikan telah memenuhi standar kesehatan air minum sehingga aman utuk dikonsumsi.

Jika perlu gunakan eSpring Water Treatment System untuk menjamin kesehatan air yang diminum. Penyaring air minum ini menggunakan teknologi filter karbon padat, lampu UV dan smart chip untuk menjernihkan air, memperbaiki rasa dan menghilangkan kontaminan berbahaya.

Sistem pembuangan sampah yang baik

Pastikan daerah tempat Anda tinggal memiliki sistem pengelolaan limbah yang baik. Sampah dan limbah perlu dikelola dengan baik supaya tidak menimbulkan bau, dan mencemari permukaan tanah serta air. Bantulah dengan memisahkan sampah organik dan non organik untuk memudahkan petugas kebersihan mengolahnya.