22 MAY 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 399 DILIHAT

Cek Fakta: Bahaya Minuman Manis

Udara panas begini memang paling pas minum minuman manis yang dingin seperti soda. Tapi tunggu dulu, ternyata minuman manis ini jika berlebihan berbahaya bagi tubuh lho.

Apa sebenarnya minuman manis itu?

Minuman yang dimaniskan dengan gula atau minuman manis adalah sumber utama gula tambahan yang dikonsumsi sehari-hari. Minuman ini dimaniskan dengan berbagai pemanis seperti gula merah, pemanis jagung, sirup jagung, dekstrosa, fruktosa, glukosa, sirup jagung fruktosa tinggi, madu, laktosa, sirup malt, maltosa, tetes tebu, dan sukrosa. Contohnya tidak terbatas soda biasa (tidak bebas gula), minuman buah, minuman olahraga, minuman berenergi, air manis, dan minuman kopi dan teh dengan tambahan gula.

Apa bahaya minuman manis?

Sering minum minuman manis dikaitkan dengan berbagai penyakit* seperti obesitas, diabetes, berat badan, penyakit jantung, masalah perut, kanker, kerusakan hati, kemandulan, kesehatan tulang, gangguan gigi, hingga fungsi otak.

Trik menggantikan minuman manis

Setelah tahu bahayanya, coba, deh perlahan kurangi konsumsi minuman manismu. Misalnya saja dengan cara:

  • Perbanyak minum air putih segar
    Minum segelas air putih yang sudah dijernihkan dengan eSpring™ Water Purifier tak kalah segar dan menghidrasi lho. Itu karena air yang dihasilkan bebas kontaminan. eSpring™ Water Purifier adalah alat penjernih air tersertifikasi yang didukung oleh teknologi sinar Ultraviolet untuk memperbaiki rasa, menjernihkan air dan menghilangkan bau.

  • Coba infused water
    Infused water adalah air putih yang sudah diberi perasa yang berasal dari irisan buah-buahan segar, sayuran, herbal, hingga rempah-rempah.

  • NutriliteTM Phytopowder Cherry Canister
    Ingin minuman segar yang cepat menghidrasi? Coba campurkan air minum dengan NutriliteTM Phytopowder Cherry, yaitu minuman serbuk yang dirancang untuk ditambahkan ke dalam air, dengan kandungan vitamin C, tinggi 7 Vitamin B, Zink dan serat pangan di setiap penyajiannya. Menggunakan ceri acerola yang ditanam di ladang pertanian organic milik Nutrilite serta diolah di pabrik Nutrilite.

  • Jangan menimbun minuman manis
    Hentikan membeli minuman manis dan menimbunnya di kulkas. Begitu haus, kamu bakal mudah tergoda untuk meminumnya. Sebagai gantinya, simpan air putih segar yang telah disaring menggunakan eSpring™ Water Purifier di kulkas.

  • Pilih kopi sehat
    Jika di coffee shop, coba pesan kopi tanpa sirup atau krim kocok. Mintalah minuman dengan susu rendah lemak atau bebas lemak, alternatif susu tanpa pemanis seperti kedelai atau almond, atau kembali ke dasar dengan kopi hitam.

*https://www.omicsonline.org/op...