29 NOV 2021 BISNIS 2 MENIT DIBACA 130 DILIHAT

Cara Memimpin Dengan Purpose

Purpose atau tujuan sering kali memotivasi bisnis untuk melakukan yang terbaik. Jika itu yang kamu inginkan, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, nih,

Apa pentingnya memimpin dengan purpose (tujuan)?

Memimpin dengan tujuan dapat membantu membingkai bisnismu lebih unggul dan dinamis. Contoh gampang perusahaan yang menerapkan teknik memimpin ini adalah Google, yakni bertujuan untuk "mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal."

Apa keunggulannya?

Para peneliti telah menemukan bahwa “tujuan” memberi perusahaan keunggulan kompetitif dan neraca yang lebih kuat. Berikut beberapa datanya*:

  • Raj Sisodia, FW Olin Distinguished Professor of Global Business di Babson College dan Founder of Conscious Capitalism Inc., menemukan bahwa perusahaan yang digerakkan oleh tujuan memiliki kinerja 14 kali lebih baik daripada S&P 500 antara tahun 1998 dan 2013.
  • Harvard Business Review juga mengungkapkan bahwa lebih dari tiga periode tahun, sebagian besar bisnis yang digerakkan oleh tujuan (58%) mengalami pertumbuhan setidaknya 10%, dibandingkan dengan hanya 42% dengan tujuan yang kurang jelas.

Kamu pun bisa mengadopsi teknik ini dengan memiliki tujuanmu sendiri. Misalnya, tujuanmu adalah untuk membuat semua orang sehat dengan pola makan sehat, maka lakukan berbagai strategi untuk memperlihatkan tujuanmu pada dunia sehingga beragam kesempatan akan mendatangimu untuk membantu mewujudkannya.

Bagaimana caranya?

Saat memimpin dengan tujuan, ada tiga hal yang harus selalu kamu ingat, yaitu membagikan tujuan, memanfaatkan jaringan, dan menjadi otentik.

Jangan tutupi tujuanmu, namun bagilah pada dunia dengan memanfaatkan komunitasmu. Menjadi terbuka mengundang orang lain untuk terlibat denganmu akan meningkatkan dan memperluas upaya mereka sendiri.

Dengan melangkah keluar dari zona nyaman dan secara otentik membagikan tujuan dan hasratmu pada mereka, kamu, sebagai pemimpin, dapat menjadi pendorong yang signifikan dalam menggalang tim menuju perubahan dan dampak positif.

*https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2021/08/23/the-value-of-leading-with-purpose-and-passion/?sh=7f3cc81d17b1