06 NOV 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 159 DILIHAT 12 BAGIKAN

Benarkah Obesitas Bikin Terlihat Tua?

Siapa sangka, selain meningkatkan risiko terserang penyakit, obesitas juga bikin kita terlihat lebih tua, lho. Kok, bisa, ya?

Fakta

Obesitas berhubungan dengan stres oksidatif & kerusakan DNA. Stres oksidatif adalah terjadinya ketidakseimbangan pada pertahanan anti-oksidan dengan produksi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan yang mengarah pada penuaan.

Pentingnya pengaturan asupan nutrisi

Makanya, mulai sekarang atur asupan nutrisi di tubuhmu dan lakukan aktivitas fisik untuk memperlambat proses penuaan. Berikut saran pengaturan asupan menurut P2PTM Kemenkes, 2019:

  1. Konsumsilah beragam makanan. Idealnya setiap kali makan terdiri dari 4 kelompok hidangan (makann pokok, lauk pauk, sayur dan buah).
  2. Pastikan mengonsumsi sumber protein hewani dan nabati masing-masing 2-3 porsi perhari, seperti ikan, tahu, tempe, dan lainnya.
  3. Batasi konsumsi lemak, minyak, dan gula.
  4. Utamakan mengosumsi makanan sumber karbohidrat komplek, seperti padi-padian, umbi-umbian yaitu 3-8 porsi perhari.
  5. Jangan lupa konsumsi sayur 3-5 porsi perhari & buah 2-3 porsi perhari.
  6. Membiasakan pola makan teratur terdiri dari 3 kali makan utama (pagi, siang, malam) dan1-2 kali makan selingan. Porsi makan malam lebih sedikit dibandingkan makan pagi dan siang.

Kombinasi nutrisi yang baik

Selain itu, jaga juga asupan kalori dengan mengosumsi:

  • Nutrilite Hi Protein, minuman tinggi protein yang mengandung kebaikan 18 asam amino dari kacang kedelai, gandum dan kacang polong.
  • BodyKey, minuman tinggi serat dan protein yang mengandung campuran vitamin dan mineral. Membantu mendukung kesehatan pencernaan, menjaga tingkat energi, mikronutrien untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.