24 NOV 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 342 DILIHAT

Benarkah Nasi Putih Tidak Sehat?

Nasi putih sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia selama puluhan tahun. Namun, terlalu sering makan nasi putih bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Tenang, ada cara aman mengonsumsi nasi putih biar lebih sehat!

Nasi putih memang sumber karbohidrat yang menyediakan sumber energi yang cepat dan mudah dicerna. Sayangnya, jika dikonsumsi secara teratur, nasi putih bisa mengancam kesehatan karena 3 hal ini:

  1. Nutrisinya lebih sedikit dibandingkan biji-bijian lainnya
    Dibandingkan dengan biji-bijian lainnya, nasi putih mengalami lebih banyak proses sehingga kandungan nutrisinya berkurang. Proses pemurnian ini menghilangkan sebagian besar vitamin esensial, mineral, dan antioksidan yang ada di lapisan luar beras sehingga lebih sedikit mengandung senyawa yang meningkatkan kesehatan.

  2. Memiliki indeks glikemik yang tinggi
    Nasi putih memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi sehingga meningkatkan gula darah dengan cepat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas atau diabetes jika memakannya terlalu banyak dan sering.

  3. Kurang serat
    Proses pemurnian warna putih nasi menghilangkan kandungan serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Tanpa serat, nasi putih akan menjadi kurang mengenyangkan, sehingga berpotensi menyebabkan makan berlebihan atau kurang mengontrol ukuran porsi.


Nasi putih lebih sehat dengan Noxxa Rice Cooker Low Sugar

Nah, agar kamu tetap aman menyantap nasi putih, masak saja menggunakan Noxxa Rice Cooker Low Sugar. Penanak nasi Noxxa Rice Cooker Low Sugar mampu mengurangi kadar gula hingga 41% dari nasi putih (bersertifikat SGS). Noxxa Rice Cooker Low Sugar menggunakan teknologi terdepan dan memiliki 10 program memasak untuk memasak berbagai jenis makanan untuk keluarga.