30 JUL 2021 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 114 DILIHAT

Atasi Debu di Rumah

Mengapa banyak debu?

Debu terdiri dari semua jenis partikel termasuk serbuk sari tanaman, sel kulit mati, dan serat dari pakaian dan kertas. Ketika menumpuk, bisa bikin bencana pada penderita asma dan alergi. Belum lagi kalau muncul tungau.

Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya membersihkan rumah dari debu, berikut adalah beberapa tips mudah untuk mencegahnya.

1.  Ganti sprei seminggu sekali

    Tungau suka tinggal di seprai, bantal, dan kasur. Jangan sampai ia bersarang nyaman. Cuci sprei seminggu sekali, dan jemur kasur, bantal, guling di bawah terik matahari.

    2.  Simpan lemari yang rapi

      Pakaian di lemari belum tentu bebas debu. Sebaiknya masukkan juga ke dalam tas pakaian, wadah plastik, dan kotak.

      3.  Segera bersihkan lantai

        Jangan abaikan mainan, majalah, buku, remah makanan, atau apa pun di lantai berlama-lama. Segera bereskan karena debu mudah sekali menempel, dan jika tidak segera dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri.

        4.  Bersihkan karpet setiap hari

          Karpet ibarat “magnet” bagi debu dan tungau. Jika ingin mempertahankannya, Anda harus menyedot debunya setiap hari.

          5.  Bersihkan di luar

            Jika ingin membersihkan bantal dan karpet, bawalah keluar agar debu tidak menempel pada perabotan lainnya. Lakukan pembersihan di luar ruangan.

            6.  Gunakan lap yang benar

              Hindari lap dari bahan bulu karena hanya memindahkan debu ke tempat lain. Sebaliknya, gunakan kain lembap atau lap basah untuk menyeka permukaan.

              7.  Bersihkan dari atas ke bawah

                Bersihkan permukaan tertinggi terlebih dahulu dan turunkan ke bawah, sehingga bisa menangkap debu yang terlewat.

                8.  Gunakan penjernih udara

                  Pastikan kejernihan udara di rumah dengan menggunakan penjernih dan penyaring udara berkualitas seperti AtmosphereTM Sky Air Treatment System. Penjernih udara yang mampu menyaring 99,99% partikel di udara sekecil 0,0024 mikron (30.000 kali lebih kecil dari rambut manusia), termasuk lebih dari 300+ kontaminan di udara (seperti virus, alergen, bakteri, jamur, dan jamur), serta efektif membersihkan ruangan hingga 43 meter persegi!