08 JUL 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 803 DILIHAT

8 Tradisi Merayakan Mooncake Festival

Festival Pertengahan Musim Gugur atau Festival Mooncake adalah perayaan istimewa bagi masyarakat Tionghoa. Apa saja sih tradisi yang biasa dilakukan?

  1. Makan malam bersama
    Seperti hari raya lainnya, Festival Mooncake adalah momen untuk reuni keluarga dan biasanya mereka mengadakan makan malam bersama.

  2. Makan kue bulan
    Kue bulan awalnya sebagai persembahan kepada Dewa Bulan, lalu menjadi makanan terpenting untuk merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur. Di hari raya inilah momen tepat untuk menikmati kue bulan bersama keluarga.

  3. Mengagumi keindahan bulan
    Dalam kepercayaan Tionghoa, bulan purnama adalah simbol reuni keluarga. Sudah menjadi kebiasaan untuk mengagumi bulan purnama festival ini sejak zaman kuno.

  4. Membuat lampion warna-warni
    Membuat lampion warna-warni merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga, terutama anak kecil. Lampion bisa juga menyerupai binatang, tumbuhan, atau bunga, biasanya digantung di pohon atau rumah, atau diapungkan di sungai.

  5. Memberi hadiah
    Selama festival, orang-orang melakukan kunjungan singkat ke teman atau kerabat, membawa hadiah bersama mereka. Hadiah paling populer dan umum adalah kue bulan dan buah. Nah, kamu sudah bisa melakukan advanced order untuk Amway Mooncake, dari sekarang, lho. Apalagi kini hadir dengan varian rasa yang lebih sehat dengan Infused With Nutrilite™ Hi-Protein. Enak dan pasti lebih bernutrisi!

  6. Membakar pagoda
    Pada malam festival, orang-orang berkumpul bersama di tempat terbuka dan membuat pagoda dari batu atau ubin, lalu tengahnya diisi kayu bakar. Saat kayu bakar dinyalakan, api merah menyala dan percikan api meledak melambangkan ungkapan kebahagiaan dan harapan masa depan yang lebih baik.

  7. Menikmati tarian naga api
    Hampir setiap tahun, pada malam sebelum Festival Pertengahan Musim Gugur, dilakukan iring-iringan tarian seekor naga api dengan panjang lebih dari 70 meter (76 yard) menari-nari di Tai Hang, sebuah lingkungan di Pulau Hong Kong.

  8. Minum anggur rasa osmanthus
    Meminum anggur osmanthus di Festival Pertengahan Musim Gugur melambangkan keluarga yang harmonis, kekayaan, dan keberuntungan. Kegiatan ini sangat populer di provinsi Zhejiang dan Jiangsu di Tiongkok.