26 JUL 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 148 DILIHAT

7 Manfaat Sarapan Sehat

Cari tahu yuk apa saja sih manfaat sarapan sehat.

1.  Menyediakan energi

Sarapan mengisi kembali simpanan energi dan nutrisi dalam tubuh setelah semalaman “puasa”. Makan sarapan meningkatkan tingkat energi dan mengembalikan tingkat glikogen sehingga siap untuk menjaga metabolisme Anda untuk hari itu.

2.  Memberi asupan vitamin, mineral, dan nutrisi penting

    Sarapan menyediakan banyak asupan nutrisi total hari Anda. Faktanya, orang yang sarapan lebih mungkin memenuhi asupan vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan daripada orang yang tidak sarapan.

    3.  Membantu mengontrol berat badan

      Orang yang rutin sarapan pagi cenderung dapat mengontrol berat badan karena:

      • Mencegah fluktuasi besar dalam kadar glukosa darah, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan.
      • Sarapan membuat kenyang sebelum benar-benar lapar, jadi Anda cenderung tidak mengambil makanan apa pun yang ada di dekat Anda saat rasa lapar benar-benar menyerang.
      4.  Meningkatkan kekuatan otak

        Studi menunjukkan bahwa tidak sarapan mempengaruhi kinerja mental Anda, termasuk perhatian Anda, kemampuan berkonsentrasi dan memori. Ini dapat membuat beberapa tugas terasa lebih sulit daripada biasanya.

        5.  Membantu mengurangi risiko penyakit

          Dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan, mereka yang rutin sarapan cenderung memiliki risiko obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Ada juga beberapa bukti bahwa orang yang tidak sarapan mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

          6.  Membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih baik

            Orang yang sarapan umumnya memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan, memiliki kebiasaan makan yang lebih baik dan cenderung tidak lapar untuk camilan di siang hari dibandingkan orang yang melewatkan sarapan.

            7.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

              Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa kebiasaan makan sarapan jangka panjang dapat membantu meningkatkan interferon gamma tubuh Anda, antivirus alami yang secara langsung mengaktifkan sel-sel kekebalan. Melewatkan sarapan menyebabkan 17% penurunan gamma-interferon.

              Jika Anda melewatkan sarapan, cobalah camilan bergizi seperti buah segar, yoghurt, stik sayuran dan hommus, atau sandwich gandum untuk membantu Anda mengatasi rasa lapar di pagi hari. Atau tambahkan 2 scoop Nutrilite Hi-Protein untuk tambahan energi menjalani hari sibuk Anda.

              Sumber:

              https://www.betterhealth.vic.g...