14 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 494 DILIHAT

7 Fakta Mooncake

Setelah Tahun Baru Imlek, Festival Pertengahan Musim Gugur adalah perayaan terpenting di Tiongkok. Mooncake (kue bulan) pun menjadi sajian khas untuk disantap bersama keluarga. Dibalik bentuknya yang cantik dan rasanya yang lezat nan unik, tersimpan fakta yang sangat menarik.

1. Kue revolusi

Banyak cerita yang beredar seputar asal mula kue bulan. Salah satunya legenda revolusioner Ming, yang secara diam-diam mengoordinasikan pemberontakan melawan orang-orang Mongol yang berkuasa dengan menyebarkan desas-desus bahwa penyakit mematikan sedang meningkat dan kue bulan adalah satu-satunya obat. Di dalam kue bulan tersembunyi pesan pemberontakan.

2. Terbuat dari pasta lotus

Kue bulan terdiri dari dua bagian, kulit dan isinya. Kulit dibuat dengan tepung, sirup emas, air alkali, dan minyak goreng. Bagian isi biasanya pasta lotus tradisional yang terbuat dari biji teratai atau kacang, dan rasanya manis. Ada juga yang mengandung kuning telur asin.

3. Mengapa mooncake mahal?

Proses pembuatan kue bulan sangat rumit dan memakan waktu sehingga harganya cenderung mahal. Belum lagi kemasannya yang biasanya terbuat dari kotak kayu yang berat. Di Starbucks Cina, kue bulan dijual dalam kotak tiga tingkat dengan laci terpisah untuk setiap rasa, hampir seperti kotak perhiasan atau tackle, lapor Los Angeles Times.

4. Kini makin bervariasi

Ketenaran kue bulan pun membuat orang kreatif menciptakan varian rasa. Selama 20 tahun terakhir, Haagen-Dazs telah membuat kue bulan es krim, dijual di Tiongkok. Oreo juga membuat versi kue bulan dengan rasa cokelat atau selai stroberi sebagai pengganti pasta lotus.

5. Cara memotong kue bulan

Untuk lebih menikmati rasanya, sebaiknya jangan memakan kue bulan dengan langsung menggigitnya. Kue bulan harus diiris rata menjadi beberapa bagian sampai cukup untuk dibagikan semua orang. Biasanya dipasangkan dengan secangkir teh yang kuat untuk menyeimbangkan rasa manis.

6. Makan kue bulan perlahan

Makanlah irisan kue bulan dengan perlahan agar bisa merasakan kekayaan rasanya. Dengan begitu Anda juga bisa mencicipi varian rasa lainnya. Memakan satu kue bulan sekaligus akan membuat perut cepat kenyang!

7. Beli kue bulan lebih awal untuk diskon terbaik

Waktu terbaik untuk mulai membeli kue bulan adalah di awal hingga pertengahan festival kue bulan karena biasanya banyak promosi seperti diskon pembelian awal dan pembelian dalam jumlah tertentu.