02 APR 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 379 DILIHAT

7 Cara Mengajarkan Anak Puasa

Mengenalkan dan mengajarkan anak berpuasa sejak dini akan melatihnya belajar puasa dengan baik. Lakukan secara bertahap dengan tips berikut ini, yuk.

  1. Jelaskan konsep puasa
    Beri pemahaman yang benar konsep puasa dengan cara menarik, tentang mengapa harus puasa; kapan boleh makan; apa yang membatalkannya, dsbnya. Hindari ucapan yang menakuti seperti mendapatkan dosa dan neraka jika tidak menjalankan puasa.

  2. Lakukan secara bertahap
    Agar anak terbiasa puasa, lakukan secara bertahap. Mulailah dengan mengajarkan puasa jajan bagi anak balita. Untuk usia 6 tahun ke atas mulai bisa diajarkan puasa selama setengah hari, lalu bertahap tambahkan waktu puasa hingga anak merasa mampu untuk puasa sampai sore atau Maghrib bagi usia yang lebih besar.

  3. Hargai usaha anak
    Menghargai usaha anak saat berpuasa dapat meningkatkan semangat anak untuk terus belajar puasa. Anak pun merasa bangga dan sukarela melakukannya. Misalnya saja berikan hadiah jika ia berhasil menjalankan puasanya.

  4. Ajak tidur siang
    Saat sedang istirahat, tubuh akan mengeluarkan mengeluarkan lebih sedikit energi dan cairan sehingga anak tidak merasa lapar atau haus. Salah satu cara terbaik untuk istirahat adalah dengan tidur siang.

  5. Ngabuburit seru
    Aktivitas yang menyenangkan dan anak sukai dapat membuat anak lupa akan rasa lapar yang mungkin timbul. Ajak anak menunggu waktu buka dengan kegiatan seru, seperti menyiapkan takjil bersama, jalan-jalan sekitar kompleks, atau menemaninya bermain.

  6. Beri contoh yang baik
    Anak biasanya meniru orang tuanya. Berikan contoh kebiasaan puasa yang benar agar ia bisa meniru dengan baik. Selalu dampingi dan dukung anak agar mampu menyelesaikan puasanya.

  7. Pastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.
    Anak yang berusia 5 tahun sampai 7 tahun ini masih dalam proses pertumbuhan, sehingga dukungan asupan gizi yang cukup sangat diperlukan. Sajikan makanan bergizi seimbang, dan dukung dengan rangkaian Nutrilite untuk anak agar daya tahan tubuhnya selama puasa tetap kuat, yaitu:
    • NutriliteTM Chewable Concentrated Fruits & Vegetables, terdiri dari quercetin, konsentrat lutein, ekstrak pomegranate, konsentrat lycopene, ekstrak jeruk, vitamin C, konsentrat beberapa buah dan sayur, blueberry, dan konsentrat lemon yang dapat membantu memelihara daya tahan tubuh si kecil.
    • NutriliteTM Acerola C, mengandung 100 mg vitamin C yang bersumber dari asam askorbat, konsentrat acerola cherry, natrium askorbat dan citrus biofl avonoid untuk membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C.