16 FEB 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN TUBUH 2 MENIT DIBACA

7 Akibat Tidur Dengan Makeup

Seringkali karena aktivitas yang tinggi dan terlalu lelah, Anda melupakan rutinitas membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal saat tidur, kulit beregenerasi menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikan sel kulit yang mati. Manfaat tidur yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan pun tidak bisa Anda dapatkan, bahkan Anda harus membayar “mahal” karena kealpaan ini.

Akibat tidur tanpa membersihkan wajah

1.  Pori-pori tersumbat & berjerawat

    Sepanjang hari makeup berfungsi seperti magnet, memegang benda-benda berbahaya seperti polusi atau minyak dan residu dari tangan dan lingkungan. Meninggalkannya di wajah Anda semalaman seperti undangan terbuka untuk bakteri, pori-pori tersumbat, dan jerawat.

    2.  Iritasi

      Tidur dengan riasan mata yang masih menempel tidak hanya dapat mengiritasi kulit halus di sekitar area mata, namun juga menyebabkan lingkaran hitam dan bengkak. Jika partikel kecil ini masuk ke mata, dapat menyebabkan kemerahan, bahkan infeksi.

      3.  Folikel bulu mata tersumbat

        Tidur dengan kondisi bulu mata masih dilapisi maskara bisa berakibat nyeri dan pembengkakan kala maskara menyumbat salah satu folikel kecil di pangkal bulu mata. dapat menyebabkan benjolan kecil yang disebut bintit atau hordeolum.

        Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan bulu mata rapuh dan gampang rontok.

        4.  Penuaan dini

          Pada malam hari kulit mengalami proses pemulihan alami, bekerja untuk memperbaiki dirinya sendiri dari penyebab stres atau kerusakan yang dialami sepanjang hari. Namun jika tidur masih mengenakan makeup, proses tersebut tak hanya terhambat namun juga meningkatkan paparan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kolagen dan kulit menua lebih cepat.

          5.  Bibir pecah-pecah

            Sayangnya, lipstik yang masih menempel terlalu lama bisa menghilangkan kelembapan. Tidur dengan lipstik yang masih menempel akan menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah.

            Triple cleansing sebelum tidur

            Nah, untuk memaksimalkan manfaat tidur, biasakan membersihkan wajah dulu sebelum tidur. Lakukan triple cleansing untuk hasil terbaik karena bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dan sebum yang telah menumpuk serta menyegarkan kulit.

            • Hapus riasan waterproof pada bibir dan mata menggunaan Eye & Lip Make-up Remover
            • Hapus make-up dengan Cream Make-up Remover agar minyak alami di kulit tidak ikut hilang. Jika ingin praktis gunakan Make-up Removing Wipes.
            • Jangan lupa, setelah dibersihkan gunakan Artistry Cleansing Device untuk memaksimalkan pembersihkan kulit.

            Jadikan kebiasaan agar Anda senantiasa mendapatkan manfaat tidur yang tak hanya bagus untuk kesehatan namun juga kecantikan kulit Anda.