04 APR 2021 KESEHATAN 2 MENIT DIBACA

6 Tips Puasa Tetap Sehat & Aktif

1.  Jangan melewatkan sahur

    Sahur seringkali disepelekan, padahal fungsinya mirip sarapan untuk memberikan bekal energi tubuh sampai waktu berbuka tiba. Jadi, kalahkan kantuk, bangun 40-50 menit sebelum subuh untuk menyegarkan diri, menyiapkan makanan, dan makan dengan tenang.

    2.  Konsumsi serat dan protein yang cukup

      Makanan berserat tinggi akan membantu menahan lapar karena sifatnya yang memberi rasa kenyang lebih lama. Pilih biji-bijian, buah-buahan, susu, dan telur yang memainkan peran kunci dalam mencegah rasa lapar. Jika aktivitas Anda padat, konsumsi juga:

      • NutriliteTM BodyKey, minuman tinggi serat, saat makan malam agar asupan nutrisi lengkap dan kalori terkontrol.
      • NutriliteTM Hi-Protein Untuk sumber energi dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak setelah puasa. Bisa dicampurkan di makanan pembuka seperti kolak.

      3.  Hidrasi

      Agar tidak dehidrasi, atur minum air putih dengan cara:

      • 2 gelas saat berbuka
      • 4 gelas saat makan malam
      • 2 gelas saat sahur.

      Hindari teh dehidrasi, kopi atau minuman soda dan minuman olahan yang mengandung gula. Jika bosan rasa air putih, cobalah NutriliteTM PhytoPowder, minuman yang membantu mengembalikan cairan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh.

      4.  Tetap olahraga

        Olahraga wajib dilakukan tapi hindari siang hari dan terlalu banyak bergerak karena bisa memicu dehidrasi.

        • Lakukan sesaat sebelum atau 45 menit setelah berbuka puasa.
        • Jaga frekuensi dan intensitas latihan kardio tetap rendah untuk mencegah kehilangan otot.

        5.  Tidur yang cukup

        Tidur yang cukup adalah salah satu fondasi utama untuk kesehatan secara keseluruhan. Kurang tidur malah akan membuat Anda lesu dan tidak produktif. Jadi tidurlah yang cukup agar badan bugar keesokan harinya.

        6.  Hindari makan berlebih

          Makan berlebihan akan menyebabkan kelesuan, kram perut, dan gangguan pencernaan. Berbukalah puasa dengan air yang dan mencegah keasaman, lalu nikmati makanan dengan perlahan. Hindari gorengan dan junk food yang bisa menghambat kerja pencernaan dan memperlambat metabolisme tubuh.