21 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 201 DILIHAT

6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

1.  Membantu mengurangi kebiasaan merokok serta minum kopi & alkohol

    Jadwal makan yang berubah akan membantu Anda yang tak bisa berhenti merokok, minum kopi, bahkan alkohol untuk mengurangi frekuensi mengonsumsinya. Jika Anda sudah terbiasa, maka bisa jadi akan berhenti sama sekali setelah puasa berakhir. Lebih sehat, deh.

    2.  Meredakan stres

      Kegiatan saat berpuasa seperti menahan diri dari lapar, haus, dan hawa nafsu, akan membantu meredam stres. Tubuh meningkatkan serotonin yang meredam kecemasan dan melepaskan hormon endorfin (hormon bahagia) sehingga suasana hati membaik.

      3.  Detoksifikasi

        Puasa adalah kesempatan tubuh untuk mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh. Proses detoksifikasi dalam tubuh yang utama dilakukan oleh dua organ penting yaitu ginjal dan hati. Untuk itu konsumsi makanan bergizi seimbang saat buka dan sahur serta konsumsi NutriliteTM Liver Health With Milk Thistle & Dandelion Plus yang membantu fungsi hati bekerja dengan baik.

        4.  Meningkatkan kontrol gula darah

          Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkan mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

          5.  Meningkatkan kesehatan jantung

            Mengubah pola makan dan gaya hidup saat puasa sangat efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Puasa telah terkait dengan risiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah dan dapat membantu menurunkan darah tekanan, trigliserida dan kadar kolesterol.

            6.  Membantu penurunan berat badan

              Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan. Selain itu, puasa ternyata efektif membantu metabolisme tubuh dan mengurangi berat badan. Untuk itu konsumsi juga NutriliteTM BodyKey, minuman tinggi serat, saat makan malam agar asupan nutrisi lengkap dan kalori terkontrol.