08 FEB 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 750 DILIHAT

6 Fakta Niacinamide

Niacinamide (juga disebut nicotinamide, adalah bentuk vitamin B3) kini sedang tren dan katanya bisa bikin kulit jadi halus dan lembut lagi. Benarkah itu? Cek faktanya, yuk!

  1. Anti-inflamasi yang baik
    Niacinamide berfungsi utnuk mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi peradangan kulit lainnya. Niacinamide juga membantu menjaga kulit tetap halus dan lembap mungkin, serta mengecilkan pori dari waktu ke waktu.

  2. Antioksidan yang kuat
    Niacinamide dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, paparan sinar matahari dan polusi berbahaya setiap hari, yang mengarah pada pengurangan penuaan dini.

  3. Membantu mengatasi jerawat
    Meskipun niacinamide cukup lembut untuk kulit sensitif, penelitian1 telah menunjukkan niacinamide juga efektif membantu mengobati jerawat. Makanya, niacinamide menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan Snapskin Acne Serum.
    Snapskin Acne Serum merupakan serum dengan kekuatan 5x Acne Care Combo (termasuk 4% niacinamide) yang efektif membantu merawat kulit berjerawat, mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat, sekaligus menjaga kelembapan kulit.

  4. Mengembalikan kekenyalan kulit
    Niacinamide meningkatkan kadar ceramide dan asam lemak bebas di kulit, mencegah kulit kehilangan kadar air, sehingga kulit lebih sehat, montok, dan halus, dengan lebih sedikit garis halus dan kerutan.

  5. Mencerahkan kulit
    Niacinamide dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi (bercak coklat dan merah) yang disebabkan oleh jerawat, kerusakan akibat sinar matahari, atau melasma. Satu studi2 menemukan bahwa 5% niacinamide secara signifikan meringankan hiperpigmentasi hanya dalam empat minggu.

  6. Tidak bisa sembarangan digabungkan dengan produk lain
    Sembarangan menggunakan niacinamide dengan produk lain bisa dapat menyebabkan iritasi dan/atau kemerahan pada wajah. Tunggu 10 menit antara mengoleskan niacinamide dan produk lain, atau untuk amannya sebaiknya pisahkan saja menjadi pagi dan malam.

Sumber:

1https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...

2https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...